nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Salah, Rajin Pakai Pisau Cukur Bisa Ancam Kesehatan Anda

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 31 Agustus 2018 18:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 08 31 481 1944261 jangan-salah-rajin-pakai-pisau-cukur-bisa-ancam-kesehatan-anda-1dJFdpmzPI.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ALAT cukur tidak hanya dipakai oleh para pria, namun beberapa wanita juga menggunakannya untuk menyingkirkan rambut dari wajah, leher, tangan, kaki dan bahkan daerah kemaluan. Mencukur adalah cara yang cepat dan murah untuk menghilangkan rambut tubuh, ketimbang harus melakukan waxing.

Akan tetapi, pisau cukur cukur yang biasa Anda gunakan, ternyata dapat menimbulkan bahaya tersendiri bagi kesehatan Anda, jika tidak melakukan tindakan pencegahan yang tepat.

Ada sejumlah penyakit dan infeksi yang mengintai, seiring dengan penggunaan pisau cukur. Melansir The Health Site, inilah mengapa Anda harus berhati-hati tentang alat cukur cukur:

Baca Juga: Fakta Mengejutkan Tentang 12 Zodiak, Sesuaikah dengan Karakter Anda?

 

1. Sulit melihat apakah pisau cukur benar-benar bersih

Anda tidak dapat menemukan bakteri atau kuman lain pada bilahnya. Jika Anda tidak membersihkannya secara menyeluruh, Anda benar-benar mengizinkan bakteri masuk dengan pisau cukur yang penuh bakteri pada kulit Anda.

2. Bercukur bisa menyebabkan luka dan goresan

Akibatnya, sangat mudah bagi bakteri dan mikroba untuk masuk ke kulit Anda. Pisau cukur yang kotor dapat langsung menempatkan Anda pada risiko infeksi jamur atau infeksi jamur. Membiarkan pisau cukur basah atau tidak membersihkannya secara menyeluruh, juga dapat menyebabkan infeksi folikulitis atau kurap.

3. Jangan gunakan pisau cukur orang

Ini hanya akan meningkatkan peluang Anda terkena infeksi. Anda bahkan bisa mendapatkan infeksi serius seperti Hepatitis atau HIV jika Anda berbagi pisau cukur dengan seseorang yang memiliki hepatitis atau HIV.

Baca Juga: Kebelet Ngeseks Tapi Tak Menemukan Ranjang? Coba 6 Posisi Ini

4. Infeksi Staphylococcus

Infeksi ini adalah salah satu infeksi kulit yang paling umum yang bisa Anda dapatkan. Dalam hal ini, Anda akan mendapatkan ruam atau bisul yang menyakitkan. Akan lebih menyakitkan dan sulit untuk ditangani, jika itu terjadi di area kemaluan Anda.

5. Rambut tumbuh ke dalam

Rambut Anda bisa tumbuh kembali ke kulit, bukannya tumbuh keluar dari permukaan. Kejadian ini sangat umum di antara orang-orang yang sering menggunakan pisau cukur. Rambut yang tumbuh ke dalam dapat membuat radang dan berubah menjadi bisul yang menyakitkan. Anda perlu membuang kulit mati secara teratur, untuk menghindari rambut yang tumbuh ke dalam.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini