nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Miliki Tenaga Super, Jintar Simanjuntak Ungkap Rahasia Dibalik Latihannya!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 02 September 2018 12:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 02 481 1944806 miliki-tenaga-super-jintar-simanjuntak-ungkap-rahasia-dibalik-latihannya-Ln1rCfLccx.png Jintar Simanjuntak (Foto: Instagram)

PERSIAPAN menjelang pertandingan memang sangat diperlukan untuk mendapatkan hasil yang baik dalam kompetisi. Alhasil menjaga kesehatan tubuh dan rutin melakukan latihan menjadi salah satu kunci untuk meraih kesuksesan.

Jika membahas mengenai kesehatan tubuh, maka anggapan seseorang tak jauh dari berbagai suplemen atau herbal yang dapat meningkatkan stamina saat pertandingan. Namun apakah hal tersebut dapat dikonsumsi para atlet?

Berdasarkan wawancara dengan karateka Asian Games 2018 asal Indonesia, Jintar Simanjuntak, kepada Okezone, Jintar mengaku penggunaan suplemen, jamu maupun herbal menjelang pertandingan merupakan sebuah pelanggaran. Pasalnya beberapa barang tersebut masuk dalam kategori doping dan ilegal untuk dilakukan dalam kompetisi.

“Mengonsumsi suplemen, Jamu maupun herbal, masuk dalam kategori doping. Hal ini tentu sangat dilarang keras dalam pertandingan,” tegas Jintar, sebagaimana dihimpun Okezone.

Menyoal tentang ritual atau kebiasaan yang wajib dilakukan sebelum pertandingan, Jintar mengaku tidak memiliki hal-hal tertentu. Ia menjelaskan hanya mempersiapkan diri dengan serangkaian latihan dan mempersiapkan tubuh agar tetap tampil fit saat berada di atas arena.

“Saya tidak memiliki ritual khusus menjelang pertandingan. Tidak ada kebiasaan maupun sesuatu yang wajib dilakukan. Semuanya berjalan seperti biasa-biasa saja. Paling yang dijaga hanyalah kesehatan tubuh agar tetap fit dan siap tampil 100 persen,” tuturnya.

Dalam segi asupan makanan Jintar pun tidak memiliki pantangan atau pola makan khusus. Ia hanya fokus mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan protein, supaya dapat mendukung performanya saat bertanding.

“Untuk makanan, saya juga tidak memiliki menu yang khusus. Makan seperti biasa saja. Hanya saja, saya memilih asupan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi, selain itu makanan berprotein juga sangat dibutuhkan,” tuntasnya.

Terbukti dengan resep sederhana yang diterapkan Jintar sebelum pertandingan, Ia berhasil mengharumkan nama Indonesia di ajang Asian Games 2018 dengan memperoleh medali perunggu. Ia berhasil menaklukkan karateka asal Uni Emirat Arab, Ahmed Alhadhrami dengan skor 1-0.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini