nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sulit Tidur? Coba Pakai Trik Rahasia dari Para Tentara Amerika Ini

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Senin 03 September 2018 03:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 03 196 1945005 sulit-tidur-coba-pakai-trik-rahasia-dari-para-tentara-amerika-ini-gSZvsaBYu3.jpg Ilustrasi Tidur. (Foto: Homebt)

TIDUR merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan semua orang untuk mengembalikan tenaganya. Kekurangan tidur, dapat berakibat fatal bagi kesehatan yang bisa berakibat kematian.

Namun, tidak semua orang mampu mendapatkan istirahat yang cukup, apalagi berkualitas. Seringkali dengan banyaknya masalah yang ada, seseorang akan kesulitan untuk mengistirahatkan otak dan tubuh mereka.

Sebuah penelitian mencatat, sebanyak 16 juta orang dewasa Inggris menderita gangguan tidur, dengan sepertiga mengalami insomnia dan dua pertiga menderita gangguan tidur. Seperempatnya dari mereka, tidak tidur lebih dari lima jam semalam.

Setengah dari orang dewasa Inggris sekarang mengakui bahwa mereka tidak mendapatkan jumlah tidur yang tepat, dengan wanita lebih cenderung setuju 54% persen daripada pria 41 persen.

Baca Juga: Intip Tato Atlet Voli Kazakhstan Kristina Karapetyan yang Hampir Menutupi Seluruh Tubuhnya

Melansir The Sun, ada metode militer rahasia yang digunakan bagi para tentara untuk mendapatkan tidur yang cukup. Cara yang sederhana ini telah diterapkan di medan perang, dan menjamin siapa pun dapat tidur hanya dalam waktu 120 detik.

Teknik Angkatan Darat AS ini terungkap dalam sebuah buku berjudul 'Relax and Win: Championship Performance' dan memiliki tingkat keberhasilan 96 persen. Ini adalah metode rahasia yang telah lama digunakan oleh militer Amerika dengan tingkat keberhasilan mendekati 100 persen setelah beberapa minggu berlatih.

Awalnya, cara ini diterapkan karena banyak pilot mereka yang membuat keputusan buruk. Stres dan kelelahan, membuat mereka terbangun hingga akhirnya mereka membuat kesalahan fatal. Nah, untuk memulai metode ini, ada empat langkah yang harus Anda lakukan.

Langkah Pertama: Ringankan otot-otot di wajah Anda, termasuk lidah Anda, rahang, dan otot-otot di sekitar mata Anda, sehingga tidak kaku.

Langkah Kedua: Rendahkan bahu Anda serendah mungkin, sebelum melemaskan lengan atas dan bawah Anda di satu sisi, lalu yang lain

Langkah Ketiga: Bernapaslah, rilekskan dada Anda dan akhirnya rilekskan kaki Anda, dimulai dengan paha dan kemudian kaki bawah Anda.

Langkah empat: Setelah 10 detik relaksasi yang mendalam, langkah selanjutnya adalah untuk benar-benar menjernihkan pikiran Anda.

Baca Juga: Gara-Gara Ganti Baju di Lapangan, Pemain Tenis Cantik Ini Dikenai Denda

Penulis buku Lloyd Bud Winter menyarankan untuk membayangkan salah satu dari tiga gambar berikut untuk membantu Anda menjernikan pikiran Anda.

Berbaring di sebuah kano di danau yang tenang, tidak ada apa pun kecuali langit biru di atas Anda.

Meringkuk di tempat tidur dengan selimut beludru hitam, di ruang yang gelap gulita.

Mengatakan "Berhenti berpikir, berhenti berpikir, berhenti berpikir" berulang-ulang selama 10 detik.

Selamat Mencoba!

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini