nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dorong Siswa Lebih Rajin Belajar, Sekolah Ini Hilangkan Kursi di Kantin

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 03 September 2018 13:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 03 196 1945209 dorong-siswa-lebih-rajin-belajar-sekolah-ini-hilangkan-kursi-di-kantin-PucTNAYv89.jpg Kursi di kafetarian dihilangkan agar siswa belajar lebih rajin (Foto:Nextshark)

 

TUGAS utama dari seorang pelajar adalah belajar dengan baik, tapi tak dipungkiri menjaga agar seorang pelajar apalagi yang sudah memasuki masa remaja seperti yang sudah duduk di bangku sekolah menengah umum agar mau rajin belajar memang bukan pekerjaan mudah.

Menjadi lebih menantang, mengingat biasanya anak-anak remaja seperti yang sudah duduk di bangku sekolah menengah umum sudah memiliki banyak kegiatan lain di luar sekolah dan belajar.

Namun, mendorong agar para pelajar bisa belajar lebih rajin lagi sepertinya tidak dijadikan masalah bagi sebuah sekolah menengah umum di China satu ini. Sebab, pihak sekolah disebutkan memiliki cara unik untuk mendorong para siswanya agar belajar lebih rajin daripada sebelumnya. Apa cara unik tersebut?

Ternyata, cara unik yang dilakukan oleh sekolah menengah umum Shangqiu yang terletak di provinsi Henan untuk mendorong para siswanya agar lebih sering belajar, menurut laporan dari Pear Video ialah dengan menghilangkan kursi-kursi untuk duduk di area kafetaria, sehingga para siswa mau tidak mau terpaksa makan dan minum sambil berdiri di saat waktu istirahat makan siang di kantin sekolah, bunyi laporan Nextshark, Selasa (3/9/2018).

(Baca Juga: Bunga Ini Langsung Mekar ketika Azan Dikumandangkan)

(Baca Juga: 5 Penampilan Sederhana Namun Menawan Rikako Ikee, Atlet Terbaik Asian Games 2018)

 

(Baca Juga: Intip Tato Atlet Voli Kazakhstan Kristina Karapetyan yang Hampir Menutupi Seluruh Tubuhnya)

Lebih lanjut dijelaskan, keputusan pihak sekolah untuk tidak lagi menyediakan kursi-kursi di area kafetaria adalah karena para administrator sekolah berusaha untuk mendorong para siswa agar menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mengobrol dan makan, dan lebih fokus pada waktu mereka belajar. Tidak hanya itu, menurut keterangan dari seorang karyawan sekolah yang mengungkapkan dalam sebuah wawancara. Mendatang sekolah juga akan menerapkan area-area khusus yang diperuntukkan untuk setiap siswa, di mana di area tersebut lah para siswa dapat berdiri untuk mengurangi waktu yang dihabiskan di dalam kafetaria.

Masih menurut keterangan sang karyawan sekolah, dengan peraturan ini para siswa pada umumnya menjadi tidak membuang waktu lama makan dan mengobrol di kafetaria.

"Pada umumnya, untuk makan seharusnya hanya menghabiskan waktu sekitar 10 menit," ungkap sang karyawan.

Sementara itu, soal peraturan ini sendiri beberapa siswa berpandangan pihak sekolah sepertinya mungkin terinspirasi oleh Hengshui, sekolah yang dikenal sebagai sekolah top di China. Di mana, selama ini sekolah Hengshui telah terkenal karena memotivasi siswa untuk belajar lebih giat dengan menggunakan taktik disiplin yang ekstrem seperti memasang dua tank di luar pintu masuk gerbang sekolah, contohnya salah satu sekolah di provinsi Hebei.

 

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini