Menikmati Hidangan Ala Kafe Kucing Pertama di Kota Malang

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 03 September 2018 11:46 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 03 298 1945149 menikmati-hidangan-ala-kafe-kucing-pertama-di-kota-malang-YTl4wjMlK0.jpg

KOTA MALANG - Bagi Anda penggemar kucing tempat satu ini bisa menjadi rekomendasi untuk menikmati makan dan minum sekaligus nongkrong bersama orang-orang tercinta. 

Ya, kafe Neko Kepo di kawasan Jalan Raya Sulfat memanjakan penggemar kucing untuk bisa berinteraksi bebas dengan kucing - kucing beraneka ragam. 

Pemilik kafe Ikbar Haskara Damarjati mengatakan ide awal pembuatan kafe kucing ini karena dirinya hobi memelihara kucing. "Awalnya yang suka kucing itu mama. Kemudian sejak kecil aku lihat mama suka melihara kucing hingga akhirnya ketularan memelihara kucing," ujar pria yang akrab disapa Ikbar ini. 

Selain itu keinginan untuk memiliki usaha yang berkaitan dengan hobinya itu membuat Ikbar bertekad untuk membuat kafe kucing pertama di Kota Malang. 

"Ingin punya usaha yang berkaitan dengan hobi memelihara kucing. Saya putuskan buat kafe kucing baru buka pada 17 Agustus 2018 lalu," lanjut pria yang bekerja di salah satu perusahaan swasta di Kota Malang. 

Menurutnya, kucing - kucing yang ada di kafenya berasal dari koleksi pribadi dan titipan dari teman - teman yang beraneka ragam tipe kucing. "Kita punya 6 ekor kucing dengan tiga jenis kucing, bengal, persia dan domestik yang bebas berinteraksi dengan pengunjung.Tapi satu ekor kucing sedang dalam karantina," bebernya. 

Ia menambahkan 6 kucing tersebut terdiri dari jantan dan betina dengan masing - masing memiliki nama yang berbeda - beda, yakni Carol, Kalika, Bhram, Siliwangi, Siwa, dan Mata Dewa. 

Selain berinteraksi dengan kucing, para pengunjung juga bisa membaca buku terkait kucing hingga tokoh-tokoh kepahlawanan Indonesia dan luar negeri."Ya bisa sambil edukasi pengunjung lah," tukas Ikbar. 

Meski berinteraksi dengan manusia saat mengkonsumsi makanan, Ikbar menjamin kebersihan kucing-kucing yang ada di kafenya. Hal ini karena setiap seminggu sekali baik ruangan dibersihkan dari debu maupun bulu kucing, sementara untuk kucing sendiri setiap seminggu sekali menjalani pengecekan kesehatan. 

(Baca Juga: Intip Tato Atlet Voli Kazakhstan Kristina Karapetyan yang Hampir Menutupi Seluruh Tubuhnya)

"Seminggu sekali kucing dilakukan pengecekan kesehatan dari pet care. Sementara ruangannya kita vacuum cleaner untuk membersihkan bulu kucing yang rontok," terangnya. 

Untuk menjaga kebersihan ruangan pun, para pengunjung yang masuk harus melepas alas kaki dan disediakan pencuci tangan setelah berinteraksi dengan para kucing. 

Meski demikian, tak mudah untuk merawat kucing-kucing tersebut terlebih dari pengunjung yang berusia anak-anak, yang sering memegang agak kasar sehingga membuat kucing tidak nyaman. "Kadang pengunjung anak kecil megangnya kasar. Makanya kita sediakan dua orang untuk mengawasi supaya kucing jangan sampai terluka," jelas Ikbar kembali. 

(Baca Juga: 5 Penampilan Sederhana Namun Menawan Rikako Ikee, Atlet Terbaik Asian Games 2018)

Sementara itu salah seorang pengunjung kafe, Lisa Setyawati, yang datang bersama tiga orang anaknya mengatakan dirinya ke Neko Kepo karena penasaran dengan postingan teman di media sosial instagram akhirnya tanya ke teman. 

"Tahu dari teman yang pernah berkunjung ke sini. Terus cari infonya juga di instagram. Ya buat anak senang juga di sini bisa bermain dengan kucing karena di rumah tak punya kucing," ungkap Lisa,perempuan asal Blimbing, Kota Malang. 

Nah bila Anda berkunjung ke Neko Kepo tak perlu khawatir kantong akan terkuras, mengingat kafe ini membanderol makanan dan minuman dengan harga bersahabat. Makanan dijual dari kisaran harga minimal Rp13 ribu hingga Rp20 ribu, sedangkan untuk minuman mulai harga Rp5.000 hingga Rp10.000. 

Namun letak kafenya yang berada di ruko di pinggir jalan raya dengan akses lahan parkir terbatas membuat pengunjung sempat kesulitan. "Parkirnya mungkin yang kurang. Tadi harus memutar dua kali untuk mencari lahan parkir," jelas Lisa.

(Baca Juga: Bunga Ini Langsung Mekar ketika Azan Dikumandangkan)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini