nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Netizen Penasaran dari Mana Kuaci & Cincau Berasal, Video Ini Menjawabnya

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 03 September 2018 17:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 03 298 1945389 netizen-penasaran-dari-mana-kuaci-cincau-berasal-video-ini-menjawabnya-t72wC9rMD4.jpg Netizen penasaran dari mana kuaci berasal (Foto:Ist)

BAGI masyarakat yang tidak terlalu menyukai masak-memasak, biasanya hanya tahu soal makan tanpa ada rasa ingin tahu cara mengolahnya. Namun, ada beberapa makanan yang cukup sering terdengar atau bahkan dikonsumsi, tapi masyarakat jarang tahu asal dan cara mengolahnya.

Padahal, wujud mentah dengan yang sudah matang sangat berbeda, rasanya jauh lebih nikmat, dan nilai ekonominya lebih tinggi.

Akun chanel YouTube The Shiny Peanut, membagikan video yang membahas  lima makanan yang sering didengar dan dimakan tapi hanya sedikit orang tahu asal dan pengolahannya. Rupanya banyak netizen yang menengok video ini entah karena sekadar penasaran atau memang benar-benar tidak tahu asal muasal makanan tersebut padahal sering menyantapnya. Sejak dibagikan pada 29 Agustus 2018 lalu, video ini sudah dilihat sekira 2,8 juta orang dan sempat menduduki nomor 2 trending di Youtube tadi pagi.

Seperti Okezone lansir berikut makanan-makanan yang netizen penasaran dari mana asal dan bagaimana pengolahannya.

1. Kuaci

Selama ini cukup sering terdengar “katanya” kuaci terbuat dari biji bunga matahari. Ternyata memang benar adanya kuaci terbuat dari biji bunga matahari. Cara pengolahannya biji bunga matahari dikeluarkan dari dalam bunga, lalu direndam dalam air kapur, kemudian tiris dan keringkan. Selanjutnya, masukan biji bunga matahari ke dalam air yang sudah dicampur bumbu, seperti garam, serai, kayu manis, pandan wangi, dan didihkan selama dua jam. Kembali tiris dan keringkan, cara ini dilakukan agar kuaci mudah dipecahkan dan bumbu menyerap sempurna.

2. Telur ikan caviar

Memang benar adanya harga telur ikan caviar selangit bahkan terasa seperti mencekiki bagi masyarakat menengah ke bawah. Namun, hal tersebut wajar karena telur ikan caviar berasal dari ikan sturgeon yang sudah hampir punah. Dari dulu saja telur ikan caviar hanya dikonsumsi oleh orang-orang tertentu .

 

3. Cincau

Biasanya cincau disajikan dengan es serut dan gula merah cair. Lebih nikmat cincau dinikmati di siang hari terik. Cincau sendiri terbuat dari air rendaman daun cincau. Caranya daun cincau diremas dan direndam di dalam air hangat hingga mengental lalu diamkan beberapa saat. Bentuk cincau seperti agar-agar karena ada zat di dalamnya yang mampu mengikat molekul air.

 

4. Wasabi

Penggemar sushi tentu tahu rasa sensasi wasabi pedas. Tapi masih cukup jarang jika wasabi sebenarnya adalah tanaman asli Jepang dari jenis kubis, tumbuh di saluran air, dan diolah bagian rizoma atau rimpangnya. Biasanya wasabi diolah dengan cara diparut dan langsung dijadikan bumbu pedas. Tapi, inovasi berkembang hingga wasabi pun bisa jadi kudapan atau camilan, jus, es krim, hingga cokelat.

 

5. Kolang kaling

Biasanya kolang kaling diolah jadi manisan. Teksturnya kenyal karena terbuat dari buah aren yang setengah matang. Cara mengolahnya, buah aren dilepaskan dari batangnya, lalu direbus agar mudah dikupas, kulit diiris dan dibelah jadi dua hingga biji terlihat kemudian pisahkan satu persatu, nah biji yang sudah terpisah bisa langsung dipukul ringan hingga pipih dan sedikit lebar, setelah dibersihkan, rendam, kotoran hilang, dan warnanya bening, maka kolang kaling pun sudah jadi.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini