nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Luncurkan Wisata Layar Terpanjang di Dunia, Yachters Mancanegara akan Kunjungi TN Tanjung Puting

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 03 September 2018 18:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 03 406 1945371 luncurkan-wisata-layar-terpanjang-di-dunia-yachters-mancanegara-akan-kunjungi-tn-tanjung-puting-PlNbrqAEke.jpg Taman Nasional Tanjung Puting akan dikunjungi peserta Wonderful Sail to Indonesia 2018 (Foto:Ilustrasi/handsailing)

PERKEMBANGAN wisata bahari di Indonesia semakin menunjukkan geliatnya. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata RI bahkan telah meluncurkan sejumlah program menarik guna mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan mancanegara.

Salah satunya adalah program Wonderful Sail to Indonesia 2018. Kegiatan ini akan melibatkan para yachters yang berasal dari sejumlah negara, terutama para wisatawan yang berasal dari kawasan Australia.

Acara yang akan dilangsungkan pada 8-11 Oktober ini sebetulnya telah dimulai sejak 24 Juli 2018. Rute pelayarannya sendiri berawal dari Darwin dan kawasan Australia Timur, lalu melewati garis-garis pantai di Indonesia seperti Bali, Labuan Bajo, Kumai, kemudian berakhir di Singapura.

Program ini pun mendapat sambutan baik dari setiap kabupaten maupun kota di Indonesia yang menjadi lokasi persinggahan, termasuk Kumai.

 

Menurut penuturan Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kementerian Pariwisata Dwisuryo Indroyono Soesulo, dipilihnya Pelabuhan Kumai sebagai titik singgah karena para peserta rally yacht internasional tersebut ingin mengunjungi destinasi Taman Nasional Tanjung Puting sebagai habitat asli orang utan di Indonesia.

"Para yachter dari mancanegara ini sebelumnya singgah di beberapa pulau di Tanah Air dan akan melanjutkan ke titik singgah lain termasuk di Kumai 8-10 Oktober mendatang," kata Indroyono di Ruang Rapat Kementerian Pariwisata lt.12, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (3/9/2018).

Ia menambahkan, Wonderful Sail to Indonesia ini akan menjadi wisata layar terpanjang di dunia melintasi jalur terbaik sepanjang 7.000 km di perairan Nusantara. Durasi pelayaran diprediksi akan memakan waktu selama kurang lebih 5 bulan dari Juni hingga November 2018.

Periode inilah yang dianggap paling ideal karena cuaca di sepanjang perairan khatulistiwa dalam kondisi baik dan stabil.

"Wonderful Sail to Indonesia menjadi branding wisata layar yang prestisius bagi Indonesia di tingkat Internasional, juga menciptakan jalur yacht terbaik dunia," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri S.hut MP mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan untuk menyambut para yachter saat tiba di Pelabuhan Kumai.

"Seperti yang sudah disampaikan oleh bapak Indroyono, kami memiliki TN Tanjung Puting yang luasnya mencapai 450 ribu hektare. Kawasan ini terdiri dari lahan gambut, dan di atasnya adalah hutan rawa yang menjadi habitat orang hutan terbesar di dunia," papar Fahrizal.

 

Daya tarik TN Tanjung Puting ini digadang-gadang akan menjadi senjata andalah Provinsi Kalimantan Tengah dalam menggaet perhatian wisatawan mancanegara. Sederet artis maupun tokoh kenamaan dunia pun telah menyambangi tempat tersebut untuk melihat kehidupan orang utan secara langsung.

"Bill Cilinton, Julia Roberts, Bill Gates itu sudah pernah ke TN Tanjung Puting. Dalam waktu dekat ini kita juga akan ajukan TN Tanjung Puting sebagai salah satu destinasi prioritas Kementerian Pariwisata. Dari data yang kami miliki, justru wisatawan mancanegara yang paling tertarik untuk mengeksplorasi taman nasional tersebut," ujarnya.

Selain itu, Kadis Budpar Pemprov Kalteng Guntur Talajan mengatakan bahwa para travel agent daerah telah menyiapkan 7 paket wisata menarik.

"Ketujuh paket wisata tersebut adalah Tanjung Harapan, Pondok Tanggui, Pesalat, Pondok Ambung, Camp Leakey, Sungai Buluh Besar, dan Sungai Arut Tebal & Sungai Perlu,” kata Guntur Talajan.

(ndr)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini