nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Cara Membuat Kopi agar Lebih Sehat, Nikmatnya Enggak Berkurang!

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 04 September 2018 08:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 03 481 1945472 5-cara-membuat-kopi-agar-lebih-sehat-nikmatnya-enggak-berkurang-JPrtFRbD1H.jpg Ilustrasi (Foto: Health)

KOPI merupakan minuman favorit bagi banyak orang. tak sedikit yang mengawali harinya dengan meminum secangkir kopi agar lebih bersemangat. Namun terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein juga tidak baik karena dapat menyebabkan kecanduan. Selain itu, pada mereka yang tidak kuat kafein bisa menimbulkan perasaan berdebar dan perut mual.

Terlepas dari hal itu, kopi terbukti dapat menurunkan risiko serangan jantung dan demensia. Dosis kafein tertentu juga dapat membantu menenangkan pikiran, mengasah fokus, dan meningkatkan stamina. Akan tetapi, untuk mendapatkan manfaat itu kopi harus diminum dengan cara yang benar.

Melansir Health, Selasa (4/9/2018), inilah 5 tips minum kopi dengan benar agar mendapatkan manfaat yang maksimal :

Mulai dengan biji yang tepat

Saat ini begitu banyak varian biji kopi yang memiliki aroma nikmat namun terkadang bisa membingungkan. Pilihlah kopi yang memiliki warna lebih gelap. Semakin gelap kopi, maka rasanya akan semakin nikmat.

biji kopi

Lakukan penggilingan sendiri

Ada orang yang senang membeli kopi bubuk, tapi ada pula yang senang membeli kopi dalam bentuk biji. Tipe yang kedua sebenarnya lebih baik alasannya karena biji kopi utuh mempertahankan minyak atsiri yang bertanggung jawab untuk aroma dan rasa kopi.

Pilihlah penambah rasa yang tepat

Rasa asam maupun pahit dari kopi terkadang membuat enggan meminumnya lebih banyak. Untuk menyiasati hal itu biasanya ditambahkan hal lain seperti gula atau krimer. Sebenarnya hal itu tidaklah baik karena menambah jumlah kalori dalam kopi dan asupan gula harian. Sebagai gantinya, coba tambahkan produk susu murni yang merupakan lemak mentega murni dengan whey dan protein padat yang dihilangkan. Bagi yang menginginkan cita rasa manis dapat menambahkan setengah sendok teh kayu manis. Pilihan lainnya adalah ekstrak vanilla, bubuk coklat, dan jahe.

kopi enak

Simpan biji kopi dengan benar

Pastikan menyimpan biji kopi dalam wadah kedap udara di tempat yang sejuk dan kering agar rasa kopi tidak hilang.

Seduh dengan air kualitas terbaik

Kopi berisi 98% air sehingga harus dipilih yang berkualitas baik, termasuk menyangkut mineral dan suhu. Gunakan air panas untuk menyeduh kopi karena dapat benar-benar menarik rasa dari kopi. Secara khusus, mineral natrium bikarbonat dan magnesium yang ditemukan pada air dapat mengubah rasa kopi apabila suhu airnya berbeda. Untuk mendapatkan rasa dengan baik, pilihlah air tanpa rasa dengan suhu 95-97°C.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini