3 Solusi Atasi Ketiak Basah yang Mengganggu

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 04 September 2018 19:38 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 04 194 1945835 3-solusi-atasi-ketiak-basah-yang-mengganggu-3lvLPRUqHR.jpg Ketiak basah (Foto: Huffingtonpost)

LIPATAN ketiak adalah bagian yang paling sering berkeringat. Pasti kamu jijik melihatnya, malah terkadang timbul bau tak sedap.

Ketika lipatan ketiak berkeringat, jelas ada bekas yang menempel di baju, apalagi kalau kamu menggunakan busana warna cerah. Kondisi ini jelas tidak enak dipandang dan justru memalukan.

Kondisi seperti itu disebut sebagai hiperhidrosis aksila atau keringat berlebihan di ketiak, yang menimbulkan bau tak sedap. Menurut International Hyperhidrosis Society, kelenjar keringat yang aktif di ketiak disebut kelenjar apokrin. Kelenjar ini memancarkan cairan yang sedikit lebih tebal dan membuat bakteri senang berkembang biak.

 (Baca Juga: Bocah Ini Bakar Terong hingga Gosong, Hasil Akhirnya Bikin Netizen Berdecak Kagum)

Gunakan cara-cara sederhana untuk mengurangi risiko tersebut. Jangan pakai deodorant, karena belum tentu semua orang cocok. Alih-alih kalau dipaksa, bisa jadi kulitmu iritasi.

Dilansir Okezone dari Thehealthsite, berikut adalah tiga solusi yang bisa mengatasi ketiak berkeringat. Simak ulasannya dan segera praktikkan jika Anda mengalaminya!

 

Anti-perspirant

Berbagai produk yang mengandung anti-perspirant banyak dijual di toko obat atau salon kecantikan. Benda itu dapat menyumbat pori-pori, sehingga keringat tidak bisa dilepaskan. Beberapa ahli menyarankan Anda harus menggunakan anti-perspirant pada malam hari, agar pori-pori dapat menyerap dan mengunci keringat pada pagi hari. Jika tak kunjung terhenti, pastikan untuk konsultasi dengan dokter supaya ada penanganan lebih lanjut.

Cuka apel

Cuka sari apel memiliki sejumlah manfaat, ketika diaplikasikan ke kulit, bisa mencegah tubuh berkeringat. Terlebih pada bagian ketiak, bisa membantu menghentikan perkembangbiakan bakteri di area lipatan ketiak. Cara yang baik untuk menggunakan ramuan ini adalah campur dua sendok teh cuka sari apel dengan madu dalam segelas air. Minumlah dengan perut kosong. Atau Anda bisa juga mengoleskan cuka apel di bagian lipatan ketiak.

 (Baca Juga: Intip Tato Atlet Voli Kazakhstan Kristina Karapetyan yang Hampir Menutupi Seluruh Tubuhnya)

Jus tomat

Jus tomat dapat mengecilkan pori-pori dan mengurangi keringat kronis dengan mengatur suhu internal. Jika Anda selalu minum segelas jus tomat akan membantu mengendalikan keringat berlebih. Anda juga dapat mengoleskan jus tomat itu ke bagian ketiak, diamkan 10 menit lalu bilas dengan air.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini