nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenali Phobia Kecoa dan Cara Mengatasinya, Anda Alami Gak?

Fakhri Rezy, Jurnalis · Selasa 04 September 2018 11:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 04 196 1945667 kenali-phobia-kecoa-dan-cara-mengatasinya-anda-alami-gak-a0Ppc09Smm.jpg Kecoa. (Foto: Channelnewsasia)

KECOA merupakan serangga yang cukup mengganggu dan kerap berkeliaran di sekitar rumah. Tidak jarang, kecoa menjadi musuh para wanita karena dianggap menjijikkan.

Mungkin banyak kejadian yang dialami seperti kecoa terbang ke rambut, dikejar di kamar mandi, bahkan mencium aroma tidak mengenakan dari kecoa.

Akibatnya, kita pun kerap mengalami ketakutan dengan kecoa, saking takutnya tidak jarang yang mengalami phobia terhadap kecoa. Mengutip Channelnewsasia, Selasa (4/9/2018), Okezone akan menjabarkan bagaimana manusia bisa mengalami phobia pada kecoa.

Baca Juga: Intip Tato Atlet Voli Kazakhstan Kristina Karapetyan yang Hampir Menutupi Seluruh Tubuhnya

Ini merupakan pengaruh dari masa kecil Anda, karena anak-anak datang ke dunia tanpa rasa takut malahan punya keingintahuan atas lingkungan mereka. Akan tetapi, saat belajar pasti melalui pengalaman negatif, traumatis atau meniru ketakutan orangtua mereka sendiri.

"Saat bertumbuh, reaksi ketakutan yang kita alami terhadap orang lain di sekitar kita dapat berkontribusi pada pengembangan ketakutan masa kecil," kata Associate Professor Lim Tit Meng, Kepala Eksekutif Science Centre Singapura.

"Seorang anak yang melihat orang-orang berteriak saat melihat kecoa atau memukulnya, dapat mengembangkan reaksi yang sama terhadap kecoa," tambahnya.

Secara visual bentuk kecoa yang tebal, licin dan berminyak serta baunya membuat kita merasa jijik. Beberapa dari manusia takut karena mereka kadang datang tiba-tiba. Tapi yang menarik, Anda mungkin mewarisi gen yang bertanggung jawab atas katsaridaphobia atau rasa takut akan kecoa.

Baca Juga: Bocah Ini Bakar Terong hingga Gosong, Hasil Akhirnya Bikin Netizen Berdecak Kagum

Bagi mereka yang tidak mengerti apa yang diributkan tentang kecoak, Anda bisa mengembangkan rasa takut itu kapan pun dalam hidup Anda, kata Ms Hwee. “Ketakutan dapat berkembang karena situasi yang tidak terduga, dan ketidakmampuan seseorang untuk mengatasi situasi tertentu," ujarnya.

Kita pun bisa mencegah ketakutan tersebut menggunakan insectisida, namun kecoa tetap tidak akan bisa diusir dari rumah Anda. Oleh sebab itu, perlu melakukan beberapa terapi untuk menghilangkan phobia tersebut.

Nah, seiring berkembangnya teknologi, pengobatan terapi bisa dilakukan lewat augmented reality, seperti yang dikembangkan dan diuji oleh Universitas Jaume di Spanyol. Mereka menggunakan headset Google VR untuk memproyeksikan lipas virtual ke dalam adegan kehidupan nyata di depan pengguna.

Kecoa bisa melaju, melambaikan antena mereka dan bahkan mengubah ukurannya. Dan hasilnya menggembirakan. Dalam pengujian mereka terhadap enam wanita, fobia mereka berubah dari keinginan untuk menjual apartemen mereka karena seekor kecoa, hingga memegang kecoa hidup di tangan mereka selama beberapa detik.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini