nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Potret Kehidupan Alam Liar yang Pasti Bikin Anda Takjub

Fakhri Rezy, Jurnalis · Selasa 04 September 2018 15:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 04 196 1945757 5-potret-kehidupan-alam-liar-yang-pasti-bikin-anda-takjub-8MJLCvAEys.jpg Forest on Tree. (Foto: Guardian)

PESONA keindahan yang disajikan di alam liar seakan tidak ada habisnya. Tidak jarang, banyak orang kemudian mengabadikan keindahan alam ini dalam foto.

Nah, belum lama ada kompetisi yaitu Wildlife Photographer of the Year, sebuah ajang perlombaan keindahan fotografi di alam terbuka. Mengutip laman Guardian, Selasa (4/9/2018), berikut adalah 5 foto terbaik tahun ini dalam kategori alam bebas.

Baca Juga: Intip Tato Atlet Voli Kazakhstan Kristina Karapetyan yang Hampir Menutupi Seluruh Tubuhnya

1. Glass House Guard, Wayne Jones dari Australia

Hasil jepretan Wayne ini banyak mendapatkan pujian. Foto yang menampilkan ikan jenis Goby Pygmy berwarna kuning ini tampak sedang menjaga rumah, layaknya penjaga dunia bawah laut, dengan bermodal botol kaca sebagai rumah sementara ikan tersebut.

Biasanya, betinanya akan bertelur di dalam sarang tersebut, sementara pejantannya akan berjaga di pintu masuk.

2. Eye to Eye, Emanuele Biggi dari Italia

Meskipun terkesan kelam karena mengambil gambar mayat singa laut di Amerika Selatan, namun foto ini juga mencerminkan adanya kehidupan berkat kematian.

Daging yang singa laut yang perlahan membusuk, telah menarik serangga dan krustasea, dan pada gilirannya mengundang predator yang lebih besar, seekor iguana muda Peru Pasifik, yang juga mencari tempat perlindungan dari matahari dan angin.

Baca Juga: Bocah Ini Bakar Terong hingga Gosong, Hasil Akhirnya Bikin Netizen Berdecak Kagum

3. Forest on a Tree, Antonio Fernandez dari Spanyol


Sebuah pohon di hutan Fanal Madeira memiliki tumbuhan di dahannya. Pakis yang tumbuh di sepanjang dahan itu, memberikan gambaran adanya hutan di dalam hutan.

Layaknya tanaman epiphytes (tanaman yang tumbuh di tanaman lain) lainnya, mereka mengumpulkan air dan nutrisi dari udara, hujan atau sisa-sisa tanaman dan bergantung pada tanaman utama untuk mendukung kehidupannya.

4. Looking for love, Tony Wu dari USA

Petualangan seekor ikan jenis wrasse sheepshead Asia untuk mencari pasangannya ini sangat tergambar jelas. Hewan yang memiliki warna pastel, dengan bibir menonjol dan dahi merah jambu serta gigi yang tajam, menunjukkan dia siap berkelana mengelilingi lautan.

Namun, di balik warna-warni ikan tersebut, kesan kesepian yang mendalam juga tergambar, seiring dengan rentannya spesies ini dari kepunahan karena banyak ditangkap.

5. Trailblazer, Christian Wappl dari Austria

Larva dari sebuah kunang-kunang, sepanjang 8 cm ini tertangkap kamera tengah bergerak mencari siput untuk dimakan. Guna menghindari predator lainnya, larva ini pun mengeluarkan jejak kuning menyala, hasil dari reaksi kimia di tubuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini