nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Meredam Emosi meski Sedang Marah

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 05 September 2018 07:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 04 196 1946007 tips-meredam-emosi-meski-sedang-marah-md4b3EHKbh.jpg Ilustrasi (Foto: Crosswalk)

DALAM menjalani aktivitas sehari-hari, kita sebagai manusia sangat wajar jika terkadang merasa marah. Entah merasa marah pada situasi yang dihadapi, marah terhadap diri sendiri, atau malah terhadap pihak lain.

Namun, bijaknya rasa marah yang muncul tetap harus bisa dikontrol sehingga tidak kebablasan dan nantinya malah bisa mendatangkan kerugian yang lebih besar untuk diri sendiri. 

Maka dari itu, bagaimana cara menjaga diri agar tetap tenang walau sedang dilanda rasa marah itu penting untuk diketahui. Seperti apa caranya? Melansir Bustle, Selasa (4/9/2018) berikut lima tips menjaga diri secara mental agar tetap tenang saat sedang marah.

 (Baca Juga: Bocah Ini Bakar Terong hingga Gosong, Hasil Akhirnya Bikin Netizen Berdecak Kagum)

Ambil waktu sejenak

Mengambil waktu sejenak di sini, maksudnya ialah alih-alih langsung melampiaskan rasa marah, lebih baik untuk mengambil waktu sejenak untuk memikirkan sebetulnya hal apa yang telah membuat marah. Tarik nafas dalam beberapa kali, lalu pikirkan sesuatu apa sebetulnya yang telah membuat diri menjadi marah. Bisa saja, sebetulnya rasa marah yang ada itu tidak diperlukan.

Jangan terlalu diambil hati : Saat merasa marah, kita bisa saja berasumsi bahwa Anda secara pribadi sedang dipermalukan. Katakan pada diri sendiri bahwa situasi yang barusan terjadi adalah bukan hal pribadi sama sekali dan Anda hanya salah mengira, dan bisa saja juga terjadi pada orang lain bukan hanya kepada diri kita.

Mengingat bahwa hidup memang kadang tak adil

Saat diri marah dan merasa bahwa apa yang terjadi adalah sesuatu yang tidak adil atau melanggar peraturan, yang mana biasanya hanya akan membuat diri bertambah marah. Ingatlah, yang namanya hidup itu memang terkadang tidak adil dan tidak sempurna. Ingatkan diri sendiri, kecuali seseorang telah melakukan tindakan illegal atau immoral, rasa marah Anda tak perlu mencapai level “harus” dan “seharusnya”.

 

Analisa

Pendek kata, kita betul-betul harus memilih segala sesuatu itu dengan bijak. Mana yang memang pantas membutuhkan waktu kita, mana hal yang tidak pantas atau dengan kata lain membuang-buang waktu.

 (Baca Juga: Intip Tato Atlet Voli Kazakhstan Kristina Karapetyan yang Hampir Menutupi Seluruh Tubuhnya)

Singkirkan gengsi sejenak

Jika kita membiarkan rasa gengsi menguasai diri ketika sedang berusaha menenangkan diri yang sedang emosi, maka usaha yang dilakukan akan percuma. Segala sesuatu tidak melulu bisa berjalan sesuai rencana dan keinginan, tapi bukan berarti kita tidak bisa menghadapinnya dengan baik. Alih-alih bertengkar, berteriak, atau bahkan menendang sesuatu, belajar lah untuk beradaptasi dan menghadapi sesuatu ketika dihadapkan pada kondisi yang tak diharapkan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini