Share

Jangan Takut Mengolah Masakan Padang, Ini Tips Memasak yang Rendah Kolesterol

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Selasa 04 September 2018 11:47 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 04 298 1945684 jangan-takut-mengolah-masakan-padang-ini-tips-memasak-yang-rendah-kolesterol-x8w06HKANg.jpg Mengolah masakan padang yang rendah kolesterol (Foto:Hungrytowhere)

 

SUDAH menjadi rahasia umum bahwa masakan Padang sering diidentikkan sebagai salah satu jenis masakan yang mengandung kolesterol tinggi. Bahkan banyak yang mengatakan, mengonsumsi masakan Padang secara rutin sama saja dengan menimbun kolesterol di dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh bahan baku yang digunakan.

Selain memakai sejumlah bumbu rempah-rempah, sebagian besar masakan Padang hampir pasti menggunakan santan kelapa. Ditambah lagi penggunaan daging sapi yang kerap dijadikan bahan utamanya. Kombinasi bahan makanan tersebut dipercaya dapat memicu meningkatnya kadar kolesterol di dalam tubuh.

Namun Anda tidak perlu khawatir, kolesterol sebenarnya bisa dihindari dengan teknik memasak yang benar. Dirangkum Okezone dari buku Variasi Lezat & lengkap Masakan Padang, karya Tim Dapur Anggrek, Selasa (4/8/2018), berikut tips memasak rendah kolesterol yang bisa Anda praktikkan di rumah.

 

(Baca Juga: Bocah Ini Bakar Terong hingga Gosong, Hasil Akhirnya Bikin Netizen Berdecak Kagum)

(Baca Juga: Intip Tato Atlet Voli Kazakhstan Kristina Karapetyan yang Hampir Menutupi Seluruh Tubuhnya)

1. Kukus makanan, masak dengan microwave, panggang atau bakar tanpa menambahkan minyak.

2. Gunakan alat masak yang anti lengket. Jadi, Anda tidak perlu lagi menambahkan minyak saat menggorengnya.

3. Untuk olesan, pilih margarin sedikit saja dan bukan mentega karena kandungan kolesterolnya cenderung lebih rendah.

4. Gunakan minyak nabati dalam jumlah sedikit dan bukan minyak hewani (shortening).

5. Jika terpaksa menggoreng, gunakan minyak yang sehat seperti minyak canola, minyak sayur atau minyak zaitun. Terutama saat menumis.

6. Jika memasak daging ayam, buang kulitnya, bersihkan lemak yang melekat pada daging ayam.Jika memasak daging sapi, pilih daging sapi muda yang tidak banyak mengandung lemak.

7. Jika memasak daging sapi, pilih daging sapi muda yang tidak banyak mengandung lemak.

8. Jika memasak telur, sisihkan kuningnya. Ganti dengan putih telur, 1 kuning telur = 2 putih telur.

9. Jangan olah ikan, daging sapi atau ayam terlalu lama. Masak dengan waktu secukupnya untuk mempertahankan kelembapan dan kelembutan daging.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini