nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Fenomena Alam Paling Menakjubkan di Dunia

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 04 September 2018 22:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 04 406 1946001 6-fenomena-alam-paling-menakjubkan-di-dunia-rMfSMCsQm5.jpg Keindahan Bukit Pelangi di China (Foto: Viralscape)

ALAM pasti memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri yang membuat manusia kagum saat melihatnya. Meskipun begitu, nyatanya alam memang memiliki segudang keajaiban menarik yang sangat sulit dijelaskan oleh kata-kata.

Meski terlihat sangat indah dan menakjubkan, namun ada penjelasan ilmiah yang bisa menguatkan terjadinya fenomena tersebut. Penasaran? Merangkum dari Viral Scape, Selasa (4/9/2018), Okezone akan merangkum beberapa fenomena alam indah yang pernah terjadi di dunia.

1. Bukit Pelangi

Bukit pelangi terletak di China’s Danxia Landform Geological Park. Bukit ini menampilkan batuan pasir dengan warna yang berbeda karena mineral yang yang terkandung di dalamnya sejak 24 juta tahun yang lalu akibat tekukan lempeng tektonik.

Bukit Pelangi

2. Migrasi kepiting merah di Pulau Christmas

Setiap tahun, lebih dari 120 juta kepiting merah di Pulau Christmas bermigrasi menuju Samudera Hindia untuk berkembang biak. Banyak jumlah kepiting yang bergerak, selintas membuat jalanan di pulau ini berubah menjadi merah.

Migrasi Kepiting

3. Bioluminescent Wave

Berbeda dengan ombak pada umumnya, bioluminescent wave mengandung banyak spesies phytoplankton yang mengandung bioluminesce. Ketika terempas menuju pinggir laut, energi kimia tersebut berubah menjadi energi cahaya yang sangat indah.

Bio

4. Catumbo Lightning

Mungkin fenomena ini terlihat sedikit menyeramkan. Fenomena petir Catumbo terjadi sebanyak 140-160 malah setiap tahunnya. Kilatan cahaya menyeramkan ini terjadi selama 10 jam per malam dan ada sekira 280 kilatan setaip jamnya.

Catumbo

5. Dirty Thunderstorm

Jika Catumbo Lightning sudah cukup menyeramkan, maka Dirty Thunderstorm bisa lebih menyeramkan lagi. Kilatan cahaya yang dihasilkan dalam fenomena ini terdiri dari banyak warna. Dirty Thunderstorms biasa disebut dengan Volcanic Lightning. Hal ini bisa terjadi ketika petir menghasilkan bulu-bulu vulkanik.

dirty thunderstorm

6. Monarch Butterflies

Jika setiap tahunnya jutaan kepiting merah bermigrasi dari pulau Christmas, maka di bagian timur Amerika, jutaan kupu-kupu bermigrasi selama musim panas dan gugur dari Amerika Serikat dan Kanada menuju Meksiko sejauh ribuan kilometer. Para kupu-kupu Monarch betina melahirkan untuk melanjutkan keturunannya selama proses migrasi.

Monarch

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini