nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makan Apel Sekaligus Kulitnya Bisa Turunkan Berat Badan dan Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 04 September 2018 14:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 04 481 1945701 makan-apel-sekaligus-kulitnya-bisa-turunkan-berat-badan-dan-mengurangi-risiko-kanker-payudara-QybydIM8C7.jpg Apel (Foto: Healthcomu)

PADA pedoman gizi seimbang yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan, ada tertulis masyarakat diharapkan mengonsumsi paling tidak 2 porsi buah setiap hari. Buah mengandung serat yang cukup tinggi dan membawa dampak baik bagi kesehatan. Belum lagi kandungan nutrisi di dalamnya seperti vitamin.

Serat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama dan melancarkan sistem pencernaan. Dengan begitu membantu seseorang mengendalikan berat badannya. Selain itu, nutrisi yang terkandung dalam buah bisa memenuhi kebutuhan tubuh.

Salah satu buah yang cukup menjadi favorit bagi banyak orang adalah apel. Buah yang satu ini kaya akan antioksidan dan vitamin C. Belum lagi kalori dan kandungan gula di apel cukup rendah. Satu buahnya mengandung 60-80 kalori.

 BACA JUGA:

Anggun & Elegannya Tatjana Saphira saat Terima Penghargaan di Seoul International Drama Awards 2018

Konsumsi satu buah apel perhari dapat membantu meningkatkan kesehatan. Hal ini diperkuat oleh penelitian terbaru yang mengungkapkan makan apel secara teratur dapat mempromosikan kesehatan yang baik. Hanya saja apel harus dimakan lengkap dengan kulitnya.

Ya, beberapa orang memang ada yang sengaja mengupas kulit apel karena menganggapnya tidak enak. Namun para ahli tidak menyarankan hal itu karena nutrisi terkuat ada di kulit apel. Kulit apel mengandung 2,5 kali lebih banyak polifenol dibanding daging buahnya. Polifenol adalah molekul alami yang diketahui memiliki segudang manfaat kesehatan. Salah satunya mengontrol berat badan dan manfaat anti-kanker.

Secara khusus, penelitian baru yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition telah meninjau 13 penelitian ilmiah terkait asupan apel secara teratur. Hasilnya menemukan kandungan polifenol apel yang tinggi tampaknya dikaitkan untuk mencegah penambahan berat badan melalui berbagai mekanisme. Mulai dari mengurangi penyerapan lemak dan karbohidrat dalam tubuh, membantu lemak untuk dimetabolisme, serta membantu menciptakan usus yang sehat.

 (Baca Juga: Intip Tato Atlet Voli Kazakhstan Kristina Karapetyan yang Hampir Menutupi Seluruh Tubuhnya)

Selain manfaat ini, diet tinggi polifenol melalui konsumsi apel secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko mengembangkan beberapa jenis kanker, khususnya memperlambat pertumbuhan sel kanker payudara. Demikian seperti yang dilansir Okezone dari News, Selasa (4/9/2018).

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini