nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keunggulan Cengkih dari Maluku Bisa Obati 6 Penyakit Ringan, Pengganti Antibiotik!

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 05 September 2018 06:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 04 481 1945845 keunggulan-cengkih-dari-maluku-bisa-obati-6-penyakit-ringan-pengganti-antibiotik-5gUXzP6vk7.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

CENGKIH salah satu jenis rempah yang punya manfaat menakjubkan. Bahkan, rempah asal Maluku ini juga bisa difungsikan sebagai pengganti antibiotik lho!

Sejak zaman nenek moyang, cengkih dimanfaatkan untuk banyak hal. Tak hanya melezatkan makanan, tetapi juga bisa digunakan untuk bahan pengobatan tradisional.

Oleh karenanya, kamu harus sering-sering konsumsi cengkih daripada minum obat antibiotik berlebihan. Berikut ini enam manfaatnya, seperti dilansir Okezone dari Mindbodygreen, Rabu (5/9/2018).

1. Obat sakit gigi

Saat mengalami sakit gigi, oleskan sedikit minyak cengkih pada bola kapas. Letakkan pada bagian gigi yang sakit. Cara seperti ini bisa menarik infeksi bakteri yang jelas mengganggu kamu.

2. Meredakan flu dan batuk

Kalau kamu mengalami flu dan batuk, segera minum ramuan cengkih yang diseduh dengan air hangat. Minuman tersebut bermanfaat untuk ekspektoran alami. Dengan mudahnya Anda mengatasi batuk berdahak, serta mematikan kuman jahat di tenggorokan dan saluran pernapasan.

flu

3. Kurangi peradangan

Gunakan minyak cengkeh untuk memijat otot-otot yang kaku. Minyak ini terbukti dapat mengurangi radang sendi dan rematik. Pastikan teknik pijat yang dipakai tepat supaya tidak memicu cedera.

4. Mengobati goresan dan memar

Saat jatuh dan terdapat luka goresan di bagian kulit, segera atasi dengan minyak cengkih. Oleskan sampai goresan atau memar yang kamu alami hilang. Pastikan tidak ada bekasnya supaya penampilan Anda tetap sempurna.

5. Melancarkan sistem pencernaan

Cengkih membantu mengendurkan lapisan halus saluran pencernaan. Sehingga efek baiknya dapat membantu meringankan muntah, diare, gas usus dan sakit perut. Tapi awas, karena cengkih golongan 'obat' keras, pastikan untuk tidak mengalami risiko iritasi lambung.

6. Meningkatkan kesehatan seksual

Kadang-kadang cengkih juga digunakan sebagai afrodisiak. Rempah ini dapat membantu mengatasi ejakulasi dini. Pastikan pria selalu konsumsi ramuan dari cengkih supaya lebih nyaman berhubungan seks.

(hel)

Berita Terkait

Manfaat Cengkeh

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini