nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Bersepeda Bikin Pria Mudah Kena Disfungsi Ereksi?

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 04 September 2018 23:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 04 481 1945960 sering-bersepeda-bikin-pria-mudah-kena-disfungsi-ereksi-lLK8jp2FpO.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BERSEPEDA adalah latihan yang bagus untuk kesehatan jantung dan tulang. Namun, kalau berlebihan melakukannya, pria bisa mengalami disfungsi ereksi. Nah, waspadai ya!

Berdasarkan laporan kesehatan khusus dari Universitas Harvard, banyak pria yang mengalami disfungsi ereksi karena perubahan gaya hidup. Terlebih, karena dampak keseringan olahraga, seperti bersepeda.

Dalam studi yang dilakukan Massachusetts Male Aging, ada keadaan tertentu yang mana kegiatan bersepeda dapat merusak beberapa saraf dan menekan arteri. Misalnya, di bagian Mr P yang akhirnya dapat menyebabkan masalah ereksi.

 (Baca Juga:Edukasi Seks Sejak Dini Hindarkan Anak dari Hubungan Seksual Tidak Aman)

Dilansir Okezone dari Thehealthsite, Selasa (4/9/2018), dalam penelitian itu ditemukan pula bahwa risikonya dialami oleh seseorang yang bersepeda lebih dari tiga jam seminggu.

 

Peneliti yakin bahwa disfungsi ereksi tersebut terjadi karena tempat duduk bisa memberikan tekanan konstan pada perineum alias daerah antara alat kelamin dan anus. Tekanan konstan ini benar-benar merusak saraf dan memperlambat aliran darah untuk sementara.

Efeknya akan menyebabkan kesemutan atau mati rasa pada Mr P. Jika dibiarkan terlalu sering, dampaknya bisa membuat seorang pria mengalami disfungsi ereksi.

 (Baca Juga:Kalahkan Meghan Markle, Kate Middleton Jadi Influencer Fesyen Paling Berpengaruh)

Bahkan, dalam penelitian lain, peneliti mengevaluasi 160 pria yang berpartisipasi dalam tur sepeda sejauh 324 mil. Peneliti menemukan bahwa satu dari lima pria kesemutan di bagian alat vitalnya, selama lebih dari satu minggu. Sementara itu, sekira 13% dari responden mengembangkan risiko disfungsi ereksi.

Karena dampak fatal itu, tentunya para pria yang hobi bersepeda dianjurkan untuk membatasi dan mengatur jam olahraganya. Di samping itu, perliaku seperti merokok atau senang makan junk food juga akan mempengaruhinya. Tentu dampaknya tidak baik untuk kesehatan secara menyeluruh, juga memengaruhi kehidupan seksual Anda.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini