Masyarakat Jepang Ketagihan dengan Nasi Goreng Kluwek, Ini Alasannya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 05 September 2018 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 05 298 1946384 masyarakat-jepang-ketagihan-dengan-nasi-goreng-kluwek-ini-alasannya-bUl9N5PdjM.jpg Nasi goreng keling (Foto:Ilustrasi/Sunbasket)

MENGENAL suatu budaya bisa dilihat dari berbagai sudut pandang. Bisa lewat sikap masyarakatnya, kebudayaan yang ada di masyarakat, hingga apa yang mereka makan.

Ya, makanan bisa menjadi identitas sebuah bangsa. Bahkan, dengan mengetahui makanan apa yang khas dari negara tersebut, Anda bisa mengenali karakter bangsanya.

Bicara mengenai suatu bangsa, Jepang adalah bangsa yang cukup dekat dengan Indonesia. Banyak kesamaan budaya di antara kedua negara ini, tapi ternyata makanan yang menjadi kesukaan dari Indonesia dengan Jepang berbeda.

Sesuai dengan paparan Vice President Plataran Venue and Dining Permana Sigidprawiro. Menurutnya, masyarakat Jepang kebanyakan tidak bisa menerima rasa pedas yang terlalu kuat, berbeda dengan lidah masyarakat Indonesia yang sepertinya doyan banget makan pedas.

"Masyarakat Jepang itu tidak begitu bersahabat dengan rasa pedas yang terlalu pedas. Sekadar ada rasa pedas sedikit mereka masih bisa makan. Makanya, banyak masakan Indonesia yang juga tidak cocok dengan lidah orang Jepang," papar Permana saat diwawancarai Okezone dalam acara Konferensi Pers Pembukaan Plataran Tokyo di Plataran Menteng, Selasa (4/9/2018).

(Baca Juga: Kisah Ayam Bernama Mike, Hidup 18 Bulan Tanpa Kepala!)

(Baca Juga: Gadis Jepang Ramai Ikutan Tren Ikat Payudara, Bikin Bentuknya Penuh & Kencang)

(Baca Juga: Kota Ini Izinkan Warganya Berhubungan Seks di Tempat Umum, Mau Pindah ke Sana?)

Dia melanjutkan, ada beberapa makanan Indonesia yang cukup disukai masyarakat Jepang sekali pun rasanya pedas. Adalah Nasi Goreng Hijau. Nasi goreng ini dibuat dengan memadukan sambal cabai hijau dengan bumbu khas nasi goreng.

Lho, katanya orang Jepang nggak suka pedas? Lalu bagaimana makanan ini bisa disukai orang Jepang?

"Saya jelaskan sebelumnya memang orang Jepang tidak suka pedas, tapi, pedasnya Indonesia. Pedas yang sangat pedas yang mereka tidak suka. Mereka masih bisa menerima rasa pedas yang ringan," tambah Permana.

 

Selanjutnya, ada makanan lain yang ternyata disukai masyarakat Jepang, yaitu Nasi Goreng Kluwek. Ya, buah kluwek khas Indonesia ternyata bisa dikombinasikan dengan nasi goreng sehingga menghasilkan makanan unik.

Nasi goreng kluwek berwarna hitam dan ini terjadi karena kandungan buah kluwek itu sendiri. "Nasi gorengnya hitam. Untuk mereka makanan ini unik, selain warnanya hitam, rasanya cocok buat mereka," tutur Permana.

Sedikit tambahan, Plataran Tokyo telah dibuka di pusat kota, tepatnya di Lumine, Shinjuku, Jepang. Konsep bangunan dan tata ruangnya tak jauh berbeda dengan Plataran yang ada di Indonesia. Semuanya sangat erat kaitannya dengan keindahan Indonesia.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini