nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Jajanan Berbahan Telur Sukses Bikin Netizen Bernostalgia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 05 September 2018 17:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 05 298 1946411 4-jajanan-berbahan-telur-sukses-bikin-netizen-bernostalgia-3AD9CZC56Y.jpg Jajanan berbahan telur (Foto:Ilustrasi/Ist)

MESKI zaman sudah serba modern dan praktis, jajanan tradisional ternyata masih menjadi salah satu kudapan favorit masyarakat Indonesia. Walaupun teknik pengolahan dan bahan-bahan yang digunakan cenderung sederhana, namun rasa yang dihasilkan tidak kalah lezat dengan kuliner kekinian yang banyak beredar di pasaran.

Bahkan, ada beberapa jenis jajanan tradisional yang diolah dengan bahan dasar telur dan bumbu penyedap rasa saja. Apa saja makanan tersebut? Berikut Okezone rangkumkan 4 jajanan berbahan telur yang bisa bikin Anda bernostalgia, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Rabu (5/9/2018).

 

Telur puyuh

Anda mungkin sudah familiar dengan kudapan yang satu ini. Telur puyuh goreng biasanya dijajakan sebagai jajanan anak SD tempo dulu. Teknik pengolahannya terbilang praktis. Dengan bermodalkan wajan khusus, Anda sudah dapat mengolah kudapan tersebut. Sebagai pelengkap, Anda bisa menyajikan makanan ini dengan saus sambal atau saus tomat buatan.

 

Telur gulung

Jajanan anak SD yang satu ini seolah tidak ada matinya. Rasa telur gulung atau sering disebut telung, yang gurih memang bisa bikin siapa saja ketagihan. Bahkan, rasanya tidak cukup jika hanya menyantap satu atau dua tusuk saja. Seiring berkembangnya zaman, telur gulung menjadi salah satu jajanan tradisional yang kini kembali mendapat tempat di hati para pencinta kuliner nusantara. Buktinya, beberapa tempat makan dan café mulai memasukkan telung ke menu makanan mereka. Ada juga yang mencoba berkreasi dengan menambahkan lelehan keju mozzarella pada topping camilan tersebut. Menarik bukan?

(Dapurkobe)

(Baca Juga: Kisah Ayam Bernama Mike, Hidup 18 Bulan Tanpa Kepala!)

(Baca Juga: Gadis Jepang Ramai Ikutan Tren Ikat Payudara, Bikin Bentuknya Penuh & Kencang)

(Baca Juga: Kota Ini Izinkan Warganya Berhubungan Seks di Tempat Umum, Mau Pindah ke Sana?)

 

Cilor (aci telor)

Cilor merupakan akronim dari ‘aci telor’. Kudapan ini terbuat dari tepung aci yang telah direbus, lalu dipotong berbentuk dadu kecil-kecil sebelum akhirnya digoreng dengan adonan telur yang sudah dikocok hingga merata. Untuk menambah cita rasanya, para pedagang kaki lima biasanya akan menambahkan bumbu penyedap seperti bubuk keju, bubuk cabai dan masih banyak lagi. Bagi para pencinta makanan pedas, Anda bisa menambahkan saus cabai untuk menambah sensasi pedasnya. Harga makanan ini juga relatif murah yakni, Rp1.000 per potong.

 (Ist)

Maklor (makaroni telor)

Sesuai dengan namanya, maklor merupakan akronim dari ‘makaroni telor.’ Proses pengolahan camilan ini pada dasarnya sama dengan cilor, yang membedakan hanya bahan dasar yang digunakan. Jika cilor berbahan dasar aci, maklor menggunakan makaroni yang telah direbus kemudian digoreng dengan adonan telur. Dari segi rasa, maklor memang menyuguhkan cita rasa gurih yang sangat khas dibandingkan cilor. Harganya pun memang sedikit lebih mahal yakni, Rp2.000-Rp3.000 per potong.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini