nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Punya Arsitektur Unik, Ini 5 Gereja yang Terkenal Keindahannya

Leonardus Selwyn, Jurnalis · Rabu 05 September 2018 03:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 05 406 1946102 punya-arsitektur-unik-ini-5-gereja-yang-terkenal-keindahannya-bbWYMuEnzc.jpg Notre Dame De Paris. (Foto: Wonderlist)

GEREJA merupakan salah satu tempat ibadah yang indah. Komposisi dan arsitektur gereja didesain sedemikian rupa hingga menunjukkan bentuk dan kesan yang sangat istimewa. Tercatat terdapat lebih dari 37 juta gereja yang tersebar di seluruh planet ini.

Meski demikian, tidak semua gereja yang memiliki desain dan arsitektur yang menarik. Beberapa gereja bahkan sengaja dibuat bukan hanya untuk beribadah, namun arsitektur unik yang mereka benamkan di dalam bangunan tersebut membuat semua orang terkesan saat melihatnya.

Penasaran dengan bentuk gereja-gereja tersebut? Menyadur dari Wonders List, Rabu (5/9/2018), Okezone akan membahas tentang lima gereja yang paling terkenal di dunia berkat keindahan yang dimilikinya.

Baca Juga: 9 Dampak ketika Pasutri Lama Tidak Berhubungan Seks

1. Sagrada Familia

Gereja indah ini terletak di Barcelona, Spanyol. Ini merupakan salah satu gereja yang masuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Gereja Katolik Roma ini dirancang oleh arsitek Antoni Gaudi dan mulai dibangun pada 1882. Fakta yang menarik adalah bahwa gereja masih belum hingga hari ini.

Ukurannya yang besar, membuat bangunan ini tak kunjung dapat diselesaikan. Jika semua bangunan hampir selesai dipugar, maka renovasi harus segera dilakukan pada bagian yang paling awal dikerjakan. Dan ritual inilah yang berjalan secara terus menerus. Diperkirakan bahwa jika Anda ingin mengikuti tur penuh dari gereja ini, maka akan memakan waktu hampir satu minggu.

2. Saint Basil’s Cathedral

Gereja yang sangat populer ini terletak di Moskow dan tepat berada di pusat kota. Pembangunannya selesai pada 1561 di bawah pemerintahan Ivan the Terrible dan memiliki arsitektur yang sangat berwarna-warni. Bentuk geraja ini diyakini tidak akan ditemukan di gereja-gereja lain. Gereja ini juga merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO dan merupakan salah satu gereja paling populer di dunia.

3. Borgund Stave

Gereja unik selanjutnya terletak di desa Borgund, Norwegia. Gereja ini berbeda dengan bangunan lainnya yang besar dan megah. Konstruksi gaya stave dari struktur ini menggunakan kayu dan memberi gereja tampilan yang autentik dan kasar.

Gereja ini dibangun pada 1180 dan diyakini sebagai salah satu gereja terbaik di antara 37 gereja stave lain yang dimiliki oleh Norwegia. Gereja Borgund sekarang berfungsi sebagai museum dan tidak ada praktik gereja reguler yang dilakukan di tempat ini.

4. Notre Dame De Paris

Notre Dame de Paris, adalah gereja katedral Katolik pada abad pertengahan yang terletak di Paris, Prancis. Bangunan megah ini dirancang oleh seniman terkenal Pierre de Montreuil dan Eugene Viollet-le-Duc dan terkenal dengan gaya arsitekturnya. Gereja ini dianggap sebagai contoh terbaik dari karya arsitektur Gothic Perancis.

Seperti yang disebutkan dalam situs resmi gereja, katedral lebih dari sekedar monumen bersejarah, terutama adalah rumah Tuhan dan tempat tinggal manusia karena bertanggung jawab atas pengalaman kristiani dan manusia.

5. Westminster Abbey

Gereja yang amat sangat terkenal ini adalah bangunan paling ikonik di London. Kini gereja ini menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO dan dibangun pada abad ke-10.

Istana Westminster dan Sungai Thames keduanya terletak dekat dengan Abbey dan dibalut dengan arsitektur Gothic yang indah dan menarik banyak wisatawan setiap tahun. Westminster Abbey adalah tempat pemakaman keluarga kerajaan dan pahlawan nasional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini