nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Nyeri Sendi? Ini Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Osteoarthritis

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Rabu 05 September 2018 15:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 05 481 1946286 sering-nyeri-sendi-ini-makanan-yang-harus-dihindari-pengidap-osteoarthritis-stA8Jcu6XR.jpg sakit sendi (Siangtai)

OSTEOARTHRITIS adalah penyakit sendi degeneratif yang terjadi ketika ada peradangan pada sendi yang disebabkan oleh kerusakan pada jaringan tulang rawan yang menghubungkan sendi-sendi tubuh. Tulang rawan melemah dan menjadi rusak, menyebabkan osteoartritis.

Jika Anda mengalami hal ini, Anda akan mengalami nyeri pada sendi leher, tangan, jari, pinggul, siku, lutut, punggung bagian bawah, dan lain-lain. Nyeri tubuh selama cuaca dingin, Kekakuan, bengkak, pecah-pecah dan nyeri sendi Kesulitan dalam menggenggam dan gerakan Tulang tumbuh di jari dan jari kaki. Orang yang mengalami osteoartritis ternyata tidak boleh memakan makanan yang sembarang. Dilansir dari boldsky pada Rabu (5/9/2018), berikut makanan-makanan yang tidak boleh dimakan saat Anda mengalami osteoartrhitis.

Baca juga: Kota Ini Izinkan Warganya Berhubungan Seks di Tempat Umum, Mau Pindah ke Sana?

Berbagai roti-rotian

Jika Anda adalah seseorang yang menyukai makanan seperti kue, roti putih, kue, puff, roti, dan lain sebagainya, maka Anda harus menghindari makanan ini. Jika Anda menderita osteoarthritis, ada sejumlah besar gula olahan dalam makanan tersebut. Dengan pati dan ragi, kandungan gula olahan, bersama dengan bahan lain dapat memperburuk peradangan sendi dan meningkatkan efek penyakit.

 Nyeri tulang (alfa)

Makanan kaya garam

Mengkonsumsi makanan dengan kandungan garam yang tinggi, atau sodium, seperti makanan cepat saji, pizza, burger, kentang goreng, keripik, dan lain sebagainya, juga menambahkan lebih banyak gula dari yang dibutuhkan untuk rasa masakan rumahan Anda juga dapat memperburuk gejala-gejala arthritis. Ini karena kelebihan garam dalam tubuh menyebabkan retensi air di sel-sel sendi. Ketika air dipertahankan oleh tubuh, hal ini menyebabkan pembengkakan dan peradangan pada sendi, yang dapat mempengaruhi gejala peradangan osteoarthritis.

 Baca juga: Gadis Jepang Ramai Ikutan Tren Ikat Payudara, Bikin Bentuknya Penuh & Kencang

Makanan yang digoreng

Sebagian besar dari kita suka menikmati makanan yang digoreng seperti keripik, kentang goreng, ayam goreng dan lain-lain. Sementara makanan yang digoreng memiliki bahaya kesehatannya sendiri untuk orang-orang osteoarthritis. Hal ini dapat berakibat lebih buruk bagi orang-orang mengidap penyakit ini. Hal ini karena mengkonsumsi makanan yang digoreng dapat meningkatkan kadar kolesterol tubuh Anda, yang pada gilirannya dapat memperburuk peradangan pada sendi dan menimbulkan rasa sakit untuk orang-orang osteoarthritis.

 Nyeri sendi (Shutterstock)

Daging merah

Daging sapi, daging kambing, dan lain lain, semuanya adalah daging merah yang umum dikonsumsi oleh masyarakat. Daging-daging ini juga harus dihindari oleh penderita osteoporosis. Karena daging merah tinggi akan asam lemak omega-6, yang bukan lemak sehat. Ketika tubuh mengakumulasi banyak asam lemak omega-6, kadar kolesterol dan sel-sel lemak dapat meningkat dalam tubuh Anda dan dapt menyebabkan peradangan pada sendi.

 Baca juga: Kisah Ayam Bernama Mike, Hidup 18 Bulan Tanpa Kepala!

 

Produk susu

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi produk susu seperti, susu, keju, mentega, yoghurt, dan lain-lain secara teratur dapat memiliki efek buruk pada orang yang menderita osteoartritis. Ini karena produk susu dapat menimbulkan efek peradangan pada beberapa orang, sehingga semakin memperburuk radang sendi mereka dan meningkatkan gejala osteoporosis. Namun, penelitian juga mencatat bahwa, mengkonsumsi ghee, yang juga merupakan produk susu bermanfaat untuk osteoartritis, karena asam lemak omega-3 dalam ghee dapat melumasi sendi dan mengurangi kekakuan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini