Share

Ketahui 4 Faktor Penyebab Karies yang Bikin Gigi Anak Berlubang

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 05 September 2018 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 05 481 1946495 ketahui-4-faktor-penyebab-karies-yang-bikin-gigi-anak-berlubang-umY6IkQ8bN.jpg Ilustrasi (Foto: Parentingsquad)

MASALAH kesehatan gigi yang paling sering ditemui pada anak-anak adalah karies. Hal ini bisa membuat gigi menjadi berlubang. Bila dibiarkan dapat menimbulkan rasa nyeri dan pembengkakan. Lantas apa saja faktor yang dapat menyebabkan karies?

"Karies adalah masalah yang kompleks, bukan hanya satu faktor tetapi multi faktorial. Ada 4 hal yaitu host, mikroorganisme, substrat, dan waktu," ungkap drg. Ratu Mirah Afifah, GCClindent., MDSc. saat ditemui Okezone dalam konferensi media "Lindungi Kesehatan Gigi Keluarga dari Risiko Gula Tersembunyi" yang diselenggarakan oleh Pepsodent, Rabu (5/4/2018), di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Keempat faktor itu bagaikan mata rantai yang saling berinteraksi satu sama lain. Host terdiri dari gigi dan air liur. Gigi yang memiliki cekungan dalam lebih rentan terhadap karies. Begitu juga bila produksi air liurnya sedikit. Selanjutnya, mikroorganisme di dalam mulut kurang lebih berjumlah 20 miliar. Apabila tidak sikat gigi dalam waktu 24 jam, maka jumlahnya bertambah 5 kali lipat lebih banyak.

Sedangkan untuk substrat, semua asupan makanan dan minuman akan diubah oleh mikroorganisme menjadi asam. Asam inilah yang membuat kondisi keasaman di dalam mulut lebih rendah sehingga meningkatkan risiko karies. Terakhir ada waktu dimana frekuensi mengonsumsi makanan bersifat kariogenik seperti gula akan berpengaruh terhadap pH mulut dan pembentukan keasaman.

sikat gigi

Melihat keempat faktor itu, maka sebenarnya karies bisa dicegah. "Cara yang bisa dilakukan adalah mewaspadai konsumsi gula, entah itu yang memang terasa manis atau tersembunyi. Kemudian menginterupsi waktu pembentukan karies dengan menyikat gigi dua kali sehari menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride," jelas drg. Mirah.

Menurutnya semua gula, baik itu dari makanan maupun minuman, berpotensi membuat gigi berlubang. "Tapi tentu ada levelnya. Gula yang berasal dari laktosa seperti susu UHT dan fruktosa dari buah, kadar untuk menimbulkan karies lebih rendah dibanding sukrosa," pungkas drg. Mirah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini