nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Stop Konsumsi Makanan 'Napas Naga', Ini Bahayanya!

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 06 September 2018 08:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 05 481 1946539 stop-konsumsi-makanan-napas-naga-ini-bahayanya-wdzUWpRciq.jpeg Ilustrasi (Foto: Asianage)

KREATIVITAS seseorang yang mencari peluang di bidang kuliner seakan tidak pernah mati. Setiap hari tampaknya mereka harus terus berkreasi untuk membuat makanan baru yang menarik banyak orang. Terlebih di era media sosial seperti sekarang ini, bila ada suatu inovasi yang tergolong unik dapat dipastikan mencuri perhatian.

Sebagai contoh, kini banyak ditemui makanan yang dikombinasikan dengan nitrogen cair. Makanan ini bisa membuat orang yang memakannya mengeluarkan asap dari mulutnya atau dikenal dengan istilah napas naga. Banyak orang yang menjual makanan semacam ini. Entah itu di mal, food court, kios, pameran makanan, bahkan restoran.

Sekilas mengonsumsi makanan tersebut mungkin tampak menyenangkan. Terlebih di media sosial sejumlah orang membagikan momennya saat memakan makanan berasap. Namun Food and Drugs Administrasion (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat telah mengeluarkan peringatan terkait bahaya mengonsumsi makanan tersebut.

makanan napas naga

Melansir Health, Kamis (6/9/2018), FDA mendesak masyarakat untuk menghindari jenis makanan seperti itu karena zat yang terkandung di dalamnya terbilang berbahaya. Nitrogen cair dapat mengancam jiwa dan menimbulkan luka. Lebih lanjut FDA menjelaskan menghirup uap yang dikeluarkan dari makanan berasap dapat menyebabkan seseorang kesulitan bernapas, terutama bagi mereka yang menderita asma.

"Nitrogen cair, meskipun tidak beracun, dapat menyebabkan kerusakan parah pada kulit dan organ dalam jika salah ditangani atau tertelan secara tidak sengaja karena suhu yang sangat rendah dapat dipertahankan," tulis peringatan dari FDA. Bila keadaannya sudah sedemikian parah, maka diperlukan penanganan dokter sesegera mungkin.

Melihat makanan berasap memang sejenak membuat seseorang terutama anak-anak penasaran ingin mencoba. Namun tentu bila makanan tersebut dapat membahayakan maka perlu dipertimbangkan berkali-kali dan bahkan dihindari. Sebisa mungkin ajak keluarga, teman, dan kerabat lain untuk tidak mengonsumsi makanan dengan nitrogen cair agar kesehatan mereka tidak terganggu.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini