nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bukan Sekadar Fashion, Ini Alasan Para Idol K-Pop Pakai Masker Wajah di Bandara

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 06 September 2018 12:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 06 194 1946797 bukan-sekadar-fashion-ini-alasan-para-idol-k-pop-pakai-masker-wajah-di-bandara-z71Wb6IsVb.jpg Artis Korea Maskeran (Aminoapps)

DEMAM K-pop atau Korean Wave kembali melanda masyarakat Indonesia. Kemunculan sejumlah idol baru seperti Blackpink, Momoland, Loona, hingga Bangtan Boys (BTS), membawa angin baru di industri musik Korea. Ditambah lagi euphoria Asian Games 2018 yang menampilkan Super Junior (Suju) dan iKon sebagai pengisi acara. Rasa rindu para pencinta K-pop di Tanah Air pun semakin terobati.

Berbicara soal K-pop memang tidak ada habisnya. Ada banyak sekali informasi menarik yang bisa dikulik tentang perkembangan, atau bahkan gaya hidup para idol. Salah satunya adalah kebiasaan mereka memakai masker saat berada di tempat-tempat umum, terutama di bandara.

Selama ini Anda mungkin bertanya-tanya, apa fungsi masker yang selalu mereka kenakan ketika tidak sedang mengguncang panggung? Bahkan saat para personil Suju tiba di Bandara Soekarno Hatta, sebagian besar personilnya tampak mengenakan masker berwarna putih, termasuk Siwon Choi.

 Baca juga: Laut Mati, Tempat Terendah di Bumi yang Punya Segudang Manfaat

artis korea maskeran (Aminoapps)

Berdasarkan informasi yang berhasil dirangkum Okezone dari Aminoapps, Kamis (6/9/2018), tradisi atau kebiasaan masker ini ternyata bukan hanya sekadar tren saja. Ada sejarah menarik dibalik penggunaan benda penutup mulut dan hidung itu.

Alasan sejarah

Masker wajah pertama kali diadopsi dari budaya Jepang, sebagai reaksi terhadap pandemic Flu Spanyol yang sempat melanda negara tersebut pada tahun 1918. Saat itu, selendang dan kain penutup kepala juga diadopsi sebagai salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus. Setelah kasus Flu Spanyol usai, penggunaan masker masih terus dilakukan untuk mencegah wabah penyakit lainnya.

Seperti saat bencana gempa bumi yang melanda wilayah Kanto pada tahun 1923. Udara dipenuhi dengan abu dan asap selama berminggu-minggu, mau tidak mau semua penduduk harus menggunakan masker wajah untuk meminimalisir risiko infeksi pernafasan.

 Baca juga: Pergelangan Tangan Sedang Sakit, Kim Kardashian Rekrut Asisten Selfie

Praktik ini kemudian dikatakan telah menyebar ke negara-negara di kawasan Asia Timur seperti China, Taiwan, Korea Selatan, dan masih banyak lagi. Tahun 2003, saat wabah SAR melanda Hong Kong, seluruh penduduk diharuskan mengenakan masker. Seiring berjalannya waktu, alasan untuk memakai masker pun berkembang melampaui tujuan awalnya.

 artis korea maskeran (Aminoapps)

Menghindari kuman penyakit

Bayangkan ketika Anda harus bepergian dengan kereta api yang dipenuhi orang-orang berkeringat dan batuk setiap hari, untuk para penumpang di kota ramai seperti Tokyo, masker wajah menjadi cara terbaik untuk menghindari kuman, alergi, dan polusi kota. Benda ini juga kerap dipakai di bandara untuk alasan yang sama. Terutama bagi para selebriti yang harus tetap fit saat bepergian ke negara-negara baru dengan kondisi lingkungan yang tidak memadai.

Etika

Di negara-negara Asia Timur, memakai masker wajah juga menunjukkan etika seseorang saat berada di tempat umum. Sebagai contoh, jika Anda terserang virus influenza namun enggan mengenakan masker saat berpergian ke tempat umum, hal ini bisa dianggap sebagai perilaku tidak sopan. Pasalnya, sebagian besar virus penyakit tersebar melalui udara.

 Baca juga: Makan Siang Enak dengan Tumis Buncis Cumi Asin

Menyembunyikan wajah

Untuk para selebriti maupun orang biasa, masker sangat bermanfaat untuk menutupi wajah mereka saat tidak sedang memakai riasan. Selain itu, benda ini juga ampuh untuk membantu penyamaran mereka.

Fashion

Tidak dapat dipungkiri bahwa masker wajah telah menjadi salah satu tren fashion yang cukup digandrungi. Mengenakan masker dianggap dapat menambah kesan misteri. Bahkan sekarang tersedia beragam bentuk masker wajah dengan aksesori tambahan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini