nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jatuh Bangkit Lagi, 5 Alasan Kamu Tak Boleh Takut Hadapi Kegagalan!

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Jum'at 07 September 2018 04:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 06 196 1947065 jatuh-bangkit-lagi-5-alasan-kamu-tak-boleh-takut-hadapi-kegagalan-AiWog9MOWD.jpg Ilustrasi (Foto: Techhive)

KEHIDUPAN memang tak pernah bisa diprediksi oleh seseorang. Kekecewaan juga kegagalan merupakan bagian dari peristiwa-peristiwa yang paling tidak diinginkan oleh setiap orang. Kebanyakan orang yang mengalami kegagalan, justru malah berputus asa dan enggan mencobanya lagi karena takut gagal kembali. Bahkan, lebih ekstrimnya lagi, tak sedikit yang menyelesaikannya dengan meregang nyawa.

Meskipun kekecewaan dan kegagalan sangat sulit untuk dilalui oleh seseorang, namun ternyata sebuah kegagalan tidaklah seburuk itu. Sebenarnya, sebuah kegagalan itu baik untuk seseorang. Dilansir dari Boldsky pada Jumat (7/9/2018), berikut adalah alasan mengapa Anda tidak perlu bersedih ataupun berkecil hati jika mengalami kegagalan dan kekecewaan.

1. Belajar hal baru

Setelah mengalami sebuah kegagalan dan membuat Anda sedih hingga putus asa, berpikirlah secara positif. Karena dengan kegagalan tersebut, Anda jadi belajar tentang hal baru. Dan jika Anda dapat memandang kegagalan itu dari segi positif, hal ini justru akan membangun diri Anda menjadi lebih baik. Koreksi diri Anda, mengapa bisa mengalami kegagalan tersebut dan jika Anda sudah menemukan jawabannya, perbaiki dan jangan ulangi lagi di kemudian hari.

2. Memotivasi diri

Jika Anda gagal dalam suatu hal, janganlah terpuruk! Justru hal tersebut harus Anda jadikan motivasi diri. Kegagalan dapat membuat Anda berusaha lebih keras lagi untuk mencapai suatu hal. Kuatkan tekat Anda dan jangan menyerah. Jadikan kegagalan sebagai motivasi untuk selalu berusaha.

ilustrasi semangat

3. Berhenti menghakimi sesuatu

Kegagalan cenderung membuat seseorang menjadi rendah diri dan menjadi pribadi yang judge mental. Jika Anda memandang kegagalan dari pandangan yang baik, maka kegagalan dapat merubah Anda agar tidak cepat menyimpulkan sesuatu dan berhenti menjadi pribadi yang judge mental.

4. Menguatkan

Jangan biarkan kegagalan malah melemahkan Anda. Jangan biarkan kegagalan juga membuat Anda justru menyerah dan tak mau lagi berusaha karena terlalu takut untuk gagal kembali. Buang perasaan itu sekarang juga! Jadikan kegagalan sebagai penguat Anda. Jadikanlah kegagalan Anda menjadi suatu hal yang membuat Anda menjadi pribadi yang lebih kuat dari sebelumnya.

5. Realistis

Kadang, kegagalan justru menjadi pembelajaran bagi Anda dan membuka mata Anda. Kegagalan membuat Anda menjadi pribadi yang lebih berpikir realistis. Dengan memandang sesuatu secara realistis, Anda mungkin dapat memperbaiki kesalahan dan dapat berhasil. Namun jika Anda gagal kembali, jangan ragu untuk terus mencoba hingga Anda berhasil mencapainya, karena memang beginilah kehidupan

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini