5 Table Manner ala Budaya Cina yang Patut Diketahui, Ketuk Meja Salah Satunya

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 06 September 2018 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 06 298 1946928 5-table-manner-ala-budaya-cina-yang-patut-diketahui-ketuk-meja-salah-satunya-oyvtaldAon.jpg Etika makan budaya China (Foto:Ist)

SEPERTI halnya musik, makanan juga merupakan bahasa universal. Namun walaupun begitu, tetap saja yang namanya etika ketika makan atau dining etiquette penting untuk dipahami.

Terlebih, setiap tempat biasanya memiliki cara etika makan yang berbeda-beda. Seperti contohnya etika makan di negara-negara yang memiliki populasi penduduk asal China yang cukup besar. Nah, supaya tidak keliru ketika sedang berkunjung ke negara-negara tersebut, ada baiknya yuk menyimak dahulu lima table manner ala China yang patut diketahui, sebagaimana diwarta Nextshark, Rabu (5/9/2018).

 

(Baca Juga: SUPER HOT! Tren Nempelin Nanas di Payudara Ramaikan Medsos, Jangan Salah Fokus!)

(Baca Juga: Intip Tato Atlet Voli Kazakhstan Kristina Karapetyan yang Hampir Menutupi Seluruh Tubuhnya)

(Baca Juga: Gadis Jepang Ramai Ikutan Tren Ikat Payudara, Bikin Bentuknya Penuh & Kencang)

1. Membilas peralatan makan sebelum makan :

Di Hongkong, para pelayan biasanya mungkin akan membawa semangkuk besar air atau teh sebelum menyajikan menu makanan yang dipesan. Ingat, mangkuk berisi air tersebut bukan untuk dimunum atau untuk mencuci tangan. Sebab, mangkuk ini gunanya untuk membilas sumpit, sendok, dan peralatan lainnya sebelum digunakan untuk bersantap. Bukan berarti peralatan makan tidak dicuci di dapur sebelumnya, tetapi ini adalah kebiasaan yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

2. Mengetuk meja :

Ketika teh sedang dituangkan untuk disajikan, mengetuk pelan meja dengan jari tangan adalah kebiasaan sebagai cara untuk menunjukkan rasa syukur. Cerita legenda mengatakan bahwa kebiasaan ini berasal dari Dinasti Qing ketika Kaisar Qianlong pergi ke kedai teh dalam keadaan sedang menyamar.

Pemilik warung teh membantu kaisar menuangkan secangkir teh yang sempurna untuk teman atau pelayannya yang menyamar. Sudah menjadi kebiasaan bahwa mereka akan tunduk pada kaisar, tetapi karena sedang dalam penyamaran, mereka memutuskan untuk menyentuhkan jari mereka seolah-olah membungkuk dengan tangan.

 

3. Meletakkan sumpit dalam posisi rata :

Saat sedang tidak dalam kondisi makan, pastikan Anda meletakkan sumpit dengan posisi terbaring rata. Jangan biarkan sumpit berdiri tegak atau masuk ke makanan. Dipercaya bahwa sumpit tegak terlalu mirip dupa untuk yang meninggal. Selain itu, diketahui juga meletakkan posisi sumpit dalam posisi X adalah tabu karena itu adalah simbol kematian. Begitupun saat membagi makanan, sebaiknya tidak dilakukan dengan cara dari sumpit ke sumpit yang lainnya.

 

4. Mempersilahkan yang lebih tua terlebih dahulu :

Rasa hormat terhadap orang tua sangat penting dalam budaya Cina. Ketika makan, adalah kebiasaan bagi orang yang lebih tua untuk makan terlebih dahulu atau menunggu mereka untuk memberitahu semua orang untuk boleh mulai makan. Tidak peduli seberapa menggiurkan sajian makanan yang terhidang di atas meja, ingatlah untuk terlebih dahulu menunggu para tetua untuk makan duluan.

 

5. Berebut membayar tagihan :

Ini adalah salah satu gestur untuk menunjukkan kemurahan dan kebaikan hati. Maka dari itu, anak-anak China biasanya cukup sering melihat para paman atau bibi mereka “bertengkar” kecil dengan orangtua, karena saling ingin membayar tagihan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini