Jijik Makan Daging dan Sayuran Mentah? Tunggu Dulu, Ternyata Banyak Manfaatnya Loh!

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Kamis 06 September 2018 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 06 298 1947003 jijik-makan-daging-dan-sayuran-mentah-tunggu-dulu-ternyata-banyak-manfaatnya-loh-QpLTqiwapi.jpg Daging Mentah (Smallfootprintfamily)

SEMUA orang telah mengerti bahwa daging yang sudah dimasak akan melindungi dari berbagai parasit. Namun, di beberapa Negara ada yang tidak dimasak terlebih dahulu.

Sebut saja salah satuny Jepang, mereka sudah biasa makan makanan yang mentah. Namun, untuk sebagian orang Indonesia itu sangatlah menjijikan. Kebanyakan masyarakat Indonesia menganggap praktik memasak ini untuk berkreasi dalam makanan.

Memang jika tidak diperhatikan kebersihannya, makanan mentah yang tadinya sehat mungkin saja akan membawa bencana bagi Anda. Rata-rata makanan pada umumnya tidak dimakan secara mentah kecuali sayur-sayuran yang terkadang dijadikan salad.

Baca juga:  Kota Ini Izinkan Warganya Berhubungan Seks di Tempat Umum, Mau Pindah ke Sana?

Sayur-mayur pun jika tidak diperhatikan kebersihannya, tentu akan mendatangkan penyakit bagi tubuh. Jika kamu berpikir bahwa memakan makanan yang mentah adalah hal yang menjijikkan dan tidak sehat, ternyata memakan makanan yang mentah ada untungnya lho! Dilansir dari vegkitchen pada Kamis (6/9/2018), berikut adalah manfaat-manfaat dari memakan makanan mentah.

 Tiram

1. Memiliki kualitas yang lebih baik

Makanan yang mentah memiliki kualitas yang lebih baik karena makanan tersebut lebih memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Panas ketika memasak makanan justru menghabiskan vitamin, protein dan juga lemak dalam makanan tersebut. Selain itu, memasak makanan dapat menghancurkan enzim yang menguntungkan pencernaan. Jika presentase makanan mentah yang Anda konsumsi meningkat, Anda justru akan memiliki lebih banyak energi karena makanan mentah memiliki keseimbangan air, nutrisi, dan serat terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda.

 Baca juga: Intip Tato Atlet Voli Kazakhstan Kristina Karapetyan yang Hampir Menutupi Seluruh Tubuhnya

2. Memiliki lebih banyak rasa

Makanan yang mentah memiliki lebih banyak rasa daripada makanan yang dimasak sehingga tidak perlu menambahkan garam, gula, rempah-rempah, dan bumbu lain yang dapat mengiritasi sistem pencernaan Anda.

3. Sedikit persiapan

Tentunya memakan makanan mentah tidaklah serepot memasak makanan. Jadi hal ini mungkin juga dapat menghemat waktu dan juga uang Anda. Jika Anda tidak bisa memasak atau memiliki waktu yang sedikit, memakan makanan yang mentah tentunya akan sangat membantu Anda.

 Baca juga: Bocah Ini Bakar Terong hingga Gosong, Hasil Akhirnya Bikin Netizen Berdecak Kagum

4. Menghentikan penyakit kronis

Makanan yang mentah juga rupanya dapat membantu menghentikan penyakit yang mematikan seperti jantung dan kanker. Justru memasak kadang malah menimbulkan radikal bebas pada makanan tersebut yang justru merupakan penyebab utama timbulnya kanker. Jika Anda menurunkan kadar radikal bebas pada sel-sel Anda, itu sama saja menurunkan resiko untuk terkena kanker.

 Makanan Mentah (Modernfarmer)

5. Melindungi tubuh

Jika Anda berpikir bahwa memakan makanan mentah adalah sesuatu yang justru berbahaya dan mendatangkan penyakit, justru diet makanan mentah dapat melindungi Anda dari penyakit seperti pilek, campak dan lain sebagainya. Makanan mentah mempertahankan tubuh yang sehat dengan pertahanan yang lebih baik untuk mencegah datangnya penyakit. Ini adalah salah satu alasan kenapa beberapa negara seperti Jepang, mengkonsumsi makanan yang mentah.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini