nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Bikin Sambal Mantap Tak Sisakan Rasa Langu, Ingat Diulek Bukan Diblender

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 06 September 2018 20:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 06 298 1947004 tips-bikin-sambal-mantap-tak-sisakan-rasa-langu-ingat-diulek-bukan-diblender-zPK2jJPVrv.JPG Tips bikin sambal (Foto:Wikipedia)

SAMBAL bawang salah satu menu favorit rumahan yang tak pernah terlewatkan. Namun, sering kali bikin sambal itu menyisakan rasa langu di mulut yang mengganggu sekali.

Ternyata bikin sambal bawang yang enak tidak boleh diracik sembarangan. Supaya cita rasa gurih dan pedasnya menyatu, Anda harus tahu trik dan tipsnya. Seperti apa sih?

Executive Sous Chef Hotel JW Marriott Jakarta Hari Purnama membagikan empat tips bikin sambal bawang yang begitu nikmat tanpa menyisakan rasa langu. Simak ulasannya berikut ini, ditulis Okezone, Kamis (6/9/2018).

(Baca Juga: SUPER HOT! Tren Nempelin Nanas di Payudara Ramaikan Medsos, Jangan Salah Fokus!)

(Baca Juga: Intip Tato Atlet Voli Kazakhstan Kristina Karapetyan yang Hampir Menutupi Seluruh Tubuhnya)

(Baca Juga: Gadis Jepang Ramai Ikutan Tren Ikat Payudara, Bikin Bentuknya Penuh & Kencang)

1. Bawangnya digoreng sampai layu

Setelah mengupas semua bahan dasar untuk membuat sambal, Anda harus menggoreng bawang merah atau bawang putihnya lebih dulu. Kemudian, setelah matang atau layu, letakkan ke cobek. Baru kemudian ulek dengan cabai dan bumbu lainnya.

2. Pilih cabai berkualitas

 

Tingkat kematangan cabai saat dipetik juga pengaruhi cita rasa sambal. Saat membuat sambal, jangan pilih cabai yang terlalu tua atau muda. Pilih cabai segar dengan tekstur keras saat dipegang. Pastikan cabai juga tidak setengah membusuk ya!

 

3. Tumis sambal dua kali

Setelah menggoreng bahan dasar sambal, seperti bawangnya, lalu ulek sampai halus. Setelah itu, tumis ulang sambalnya biar tambah nikmat. Di samping itu, cara ini dilakukan supaya sambal tidak cepat basi dalam waktu sehari.

4. Sambal harus diulek

 

Kalau mau bikin sambal nikmat, pasti Anda harus siap menguleknya. Jangan bikin sambal dengan bantuan food processor atau blender. Sambal yang diulek sepenuh hati akan menghasilkan cita rasa yang mantap. Tak ayal, jika Anda makan sambal ulek dengan blender, sensasinya berbeda.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini