7 Bahan Makanan yang Awet Disimpan di Kulkas, Bisa Bertahan Sampai 30 Tahun

Leonardus Selwyn, Jurnalis · Jum'at 07 September 2018 04:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 06 298 1947176 7-bahan-makanan-yang-awet-disimpan-di-kulkas-bisa-bertahan-sampai-30-tahun-TP3vyoGXAo.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENYIMPAN makanan merupakan suatu kebiasaan yang sering dilakukan setiap orang. Pasalnya, persediaan makanan tersebut akan berguna saat Anda mengalami rasa lapar yang tidak dapat diprediksi.

Memang cara terbaik untuk menyimpan beberapa makanan ringan seperti roti, keju, pasta adalah di dalam lemari es. Namun, perlu Anda sadari bahwa makanan tersebut memiliki rentang waktu untuk digunakan sebelum berubah penuh jamur. Oleh sebab itu, Anda harus selalu mengingat cadangan makanan Anda dan mengonsumsinya sebelum mereka rusak.

Meski demikian, ada beberapa makanan yang bisa bertahan dan awet untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama. Penasaran makanan apa sajakah itu? Menyadur VT, Jumat (7/9/2018), Okezone akan membahas tujuh bahan makanan yang tidak akan pernah dibuang dari lemari makanan Anda.

Baca Juga: Biasa Tampil Tomboy, Atlet Voli Aprilia Manganang Terlihat Cantik Pakai Rok

1. Madu

Arkeolog menemukan madu berusia 3.000 tahun saat menggali di Mesir. Mereka mengatakan madu itu dapat dimakan dengan sempurna. Itu sangat masuk akal, karena kandungan gula yang tinggi di dalamnya serta tingkat kelembapan yang rendah, membuat bakteri sulit untuk tumbuh pada madu.


2. Kacang-kacangan kering

Seperti madu, proses pengeringan memungkinkan kacang untuk menjaga kadar gula sekaligus menghilangkan kelembapannya, sehingga sulit bagi bakteri untuk tumbuh di atasnya. Jika disimpan dengan benar dalam wadah kedap udara, kacang-kacangan kering bisa bertahan selama bertahun-tahun.


3. Kecap

Asalkan Anda tidak membuat terlalu banyak diaduk, sebotol kecap setidaknya bisa bertahan selama tiga tahun. Kandungan garam yang tinggi dan kedelai membuat kecap bertahan lama apalagi dalam kondisi belum dibuka.

Baca Juga: Masyarakat Jepang Ketagihan dengan Nasi Goreng Kluwek, Ini Alasannya

4. Cuka

Cuka atau disebut asam asetat, secara teknis bisa terbuat dari anggur atau sari buah apel. Dengan keasamannya yang tinggi tidak ada bakteri yang bisa tumbuh di dalamnya, jadi Anda bisa menyimpannya dalam waktu yang cukup lama.


5. Beras putih

Beras putih yang belum dimasak dapat bertahan lama, asalkan Anda menyimpannya di tempat yang tepat. Beras putih telah diketahui bertahan selama 30 tahun, tetapi penelitian menunjukkan bahwa Anda harus menyimpannya di lingkungan yang bebas oksigen pada suhu sekitar tiga derajat Celcius.


6. Dark Cokelat 

Meskipun menambahkan susu ke dalam cokelat dapat menurunkan umur simpannya, namun, cokelat hitam akan bertahan selama sekira dua tahun, asalkan Anda menyimpannya pada suhu konstan.


7. Gula dan garam 

Gula dan garam sangat bagus untuk menarik air keluar, jadi bakteri tidak mungkin tumbuh di sana. Itu sebabnya begitu banyak daging olahan seperti ham atau chorizo yang penuh dengan garam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini