nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Usai Asian Games 2018, Event AM-IMF Jadi Kunci Capai Target 17 Juta Wisman

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 06 September 2018 10:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 06 406 1946741 usai-asian-games-2018-event-am-imf-jadi-kunci-capai-target-17-juta-wisman-Gefvgo8nRH.jpg Gaet wisatawan asing dengan gelaran AM-IMF (Foto:Ilustrasi/ABC)

TARGET kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia yang ditetapkan pemerintah tahun ini sebanyak 17 juta. Angka yang tidak sedikit ini membuat Kementerian Pariwisata harus bekerja keras hingga akhir tahun mendatang.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) per Januari hingga Juli 2018, jumlah wisman yang berkunjung ke Indonesia sebanyak 9,06 juta. Sementara data wisman selama perhelatan Asian Games 2018 lalu belum dirilis, namun diyakini semakin memperkuat posisi pariwisata Indonesia di kancah dunia dan membantu dalam pencapaian target kunjungan 17 juta wisman tahun ini.

Setelah Asian Games 2018 usai, event Pertemuan Tahunan Dewan Gubernur International Monetary Fund (IMF) dan World Bank (WB) atau Annual Meeting IMF (AM-IMF) yang akan digelar di Bali pada 8-14 Oktober mendatang diharapkan memberi hasil positif lainnya. Pada event tersebut, ribuan delegasi dari 189 negara anggota IMF akan hadir di Bali.

 Tarian Makan Sirih Sambut Peserta Miss Tourism Worldwide 2018 di Bintan

Suksesnya promosi dan hasil pemberitaan media pada event Asian Games lalu diharapkan dapat terjadi lagi pada AM-IMF. Hal ini diungkapkan oleh Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Regional I Kemenpar, Vinsensius Jemadu.

 

“Dari sisi marketing, dua event dunia tersebut mendatangkan wisman dan devisa dalam jumlah yang besar,” ujar Vinsen dalam diskusi bersama Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) di Movenpick Resort Jimbaran, Kuta, Bali, Rabu, 5 September 2018.

Vinsen melanjutkan, untuk event AM-IMF mendatang, Kemenpar bersama Association of Indonesian Tours & Travel Agencies (ASITA) telah menyiapkan puluhan paket tur ke tujuh destinasi unggulan di Tanah Air. Tujuh destinasi tersebut adalah Bali, Lombok (Mandalika), Pulau Komodo - Flores dan Sumba, Yogyakarta, Tana Toraja, Banyuwangi, dan Danau Toba.

 Masih Jomblo di Usia 36 Tahun, Pramugari Ini Nekat Lelang Keperawanan Rp4,7 Miliar

Selain menggantungkan harapan pada AM-IMF, Kemenpar juga telah melakukan sejumlah upaya demi tercapainya 17 juta wisman. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengambil langkah yang tidak biasa untuk mengejar target wisman.

“Pak Arief mengatakan kita harus memakai cara-cara yang tidak biasa. Maka kita telah adakan program Hot Deals dan memaksimalkan penerbangan charter flight,” pungkas Vinsen.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini