nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bahaya Obat Merah untuk Kulit Bayi & Lansia

Firda Janati, Jurnalis · Kamis 06 September 2018 09:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 06 481 1946729 bahaya-obat-merah-untuk-kulit-bayi-lansia-Mr5VvzyBet.jpg Obat merah tidak baik untuk kulit bayi dan lansia (Foto:Ilustrasi/Ist)

JATUH dan luka merupakan hal biasa yang terjadi pada setiap orang. Membersikan luka merupakan tahapan penting agar luka tidak terkontaminasi bakteri. Bersihkan luka dengan cairan antiseptik yg aman dan efektif buat kulit. Selain itu membersihkan luka harus dilakukan setiap 3 hari sekali.

Membersihkan luka juga harus menggunakan bahan steril. Selain untuk menjauhkan dari bakteri. Bahan yang steril juga dapat mempercepat proses penyembuhan. Biasnya orang menggunsksn alkohol untuk membersihkan luka. Ternyata alkohol tidak di rekomendasikan untuk membersihkan luka. Membersihkan luka dengan alkohol bisa menyebabkan lamanya proses penyembuhan.

Setelah membersihkan luka, gunakan antiseptik. Antiseptik yang sering digunakan untuk penyembuhan luka adalah obat merah. Obat merah mengandung biotin, kandungan biotin ini yang membuat rasa sensasi perih dan kadang mengiritasi pada kulit. Biasanya bayi dan kulit lansia sensitif terhadap bahan-bahan yang mengiritasi kulit. Menurut dokter Adisaputra Ramadhinara pemilihan produk harus disesuaikan dengan kulit.

“Iya biasanya kalau bayi, ada sabun yang memiliki pH 5,5 karena mengikuti pH kulitnya. Jadi untuk pemilihan bahannya harus disesuaikan dan tidak mengiritasi kulit,” kata Dr. Adisaputra Ramadhinara saat diwawancarai Okezone dalam acara peluncuran Handsaplast Spray Antiseptic, di Jakarta Selatan, Rabu (5/9/2018).

 Stop Konsumsi Makanan 'Napas Naga', Ini Bahayanya!

Pilihlah antiseptik nyaman dan enak untuk dipakai. Jika antiseptik tersebut tidak menyebabkan iritasi dan rasa terbakar. Antiseptik tersebut bisa digunakan untuk bayi dan lansia.

“Jadi penanganan pemilihan produknya lebih sempit untuk kulit bayi dan lansia. Jadi harus bener-bener produk yang anti iritasi dan aman bagi kulit yang sensitif. Kalau dipakai untuk bayi aman, orang dewasa juga bisa memakainya”, jelasnya

Antiseptik Polyhexanide (PHMD) bisa menjadi solusinya, selain tidak berwarna dan aman untuk jaringan kulit. Kandungan alami dari PHMD tidak menyebabkan iritasi dan rasa terbakar yang menyebabkan rasa tidak nyaman pada saat pengobatan. Tips dari dokter Adisaputra Ramadhinara, jangan membiarkan luka dalam keadaan terlalu basah atau terlalu kering. Tetapi lebih kepada lembap agar penyembuhan lukanya lebih optimal.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini