nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Tips Merawat Kulit Bayi yang Sensitif biar Tak Sampe Iritasi

Fienca Amelia , Jurnalis · Kamis 06 September 2018 16:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 06 481 1946804 4-tips-merawat-kulit-bayi-yang-sensitif-biar-tak-sampe-iritasi-gexD3xlb5W.jpg Ilustrasi (Foto: Thebestorganicskincare)

KULIT bayi dan kulit orang dewasa tidak sama. Kelenjar kulit lebih tipis dari pada orang dewasa dan sel melanosom belum diproduksi secara maksimal. Maka dari itu, mengapa mereka memiliki kulit yang sensitf dan sering mengalami iritasi atau kemerahan di bagian lipatan atau seluruh tubuh. Ini akan menyebabkan rasa gatal yang membuat sang anak menjadi rewel.

Spesialis Kulit dan Kelamin dr. Nanny Soraya, SpKK, menjelaskan, anak dengan kulit sensitif harus banyak menggunakan pelembap karena kulit sang anak jadi kering. Perlu diingat bahwa penggunaan produk yang mengandung zat tertentu akan membuat mereka mudah iritasi.

“Anak dengan kulit sensitif, yang perlu diingat bahan yang kontak dengan kulit sifatnya banyak pelembap, dan mengandung sedikit bahan iritan, pewarna, pewangi, harus dieliminasi,” ujar dr. Nanny saat acara peluncuran Seedlings by Young Living di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu 5 September 2018. Penggunaan sabun yang tidak tepat juga akan memperparah iritasi pada kulit anak.

Untuk para ibu muda yang bingung bagaimana mengatasi si kecil yang memiliki masalah kulit sensitif, dr. Nanny pun memberikan 4 cara merawat buah hati yang kulitnya sensitif.

1. Mandi tidak boleh lama-lama

Biasanya anak kecil kalau sudah ketemu air mereka senang dan maunya berlama-lama. Namun, semakin lama kulit kontak dengan air, kulit menjadi semakin kering. Kulit yang kering akan membuat mereka mudah iritasi. Mandi sekira 5-10 menit dan tidak lebih dari itu. Air yang digunakan untuk mandi tidak terlalu panas atau pun dingin. Pastikan air untuk mandi bersuhu 37,5 derajat

memandikan bayi

2. Pembilasan harus bersih

Bilas tubuh anak sampai bersih. Karena jika masih ada sisa sabun yang tertinggal ditubuh sang anak akan membuat anak jadi gatal dan iritasi. Jadi, pastikan tubuh anak benar-benar terbilas sampai bersih dan tidak terasa licin.

menandikan bayi

3. Gunakan pelembap

Meskipun kulit bayi memiliki pelembap alami, tetap harus menambahkan pelembap tambahan. Karena kulitnya akan lebih rentan terkena kerusakan dari luar dan belum mampu menyerap sinar ultraviolet dengan baik. Aplikasikan pelembap tepat sesaat setelah mandi karena kulit akan menyerap pelembap dengan baik. Pilih pelembap dengan hipoalergenik, ini dipakai rutin minimal 2 Kali sehari.

merawat kulit bayi

4. Keringkan dengan handuk

Keringkan tubuh sang anak setelah mandi dengan handuk. Pastikan handuk yang dipakai tidak dicuci menggunakan pewangi. Kulit yang sensitif harus mengurangi bahan pewangi agar kulit anak tidak menjadi iritasi.

keringkan kulit bayi

(hel)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini