nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidur dalam 1 Menit? Bisa, Ikuti 4 Teknik Ini!

Firda Janati, Jurnalis · Kamis 06 September 2018 18:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 06 481 1946952 tidur-dalam-1-menit-bisa-ikuti-4-teknik-ini-xmMePMBRhA.jpg Tidur dalam satu menit (Foto:Ist)

TIDUR  sangat penting untuk mempersiapkan energi, menyeimbangkan emosi dan kinerja tubuh. Kebanyakan orang memiliki masalah tidur, salah satunya tidur dengan keadaan tidak tenang.

Teknik pernapasan sederhana dalam beberapa detik ini mampu untuk menyelesaikan masalah Anda dan membuat Anda tidur hanya dalam waktu satu menit. Okezone telah melansir dari Metro, Kamis (6/9/2018), teknik 4-7-8 dapat menurunkan tingkat stres, membuat Anda tidur dengan mudah dan tenang.

Dokter Andrew Weil dari Universitas Harvard, Inggris, mengungkapkan teknik ini sama efektifnya dengan obat penenang. Nah, bagaimana cara menerapkannya? Anda hanya perlu mengikuti 4 cara berikut.

1. Buang napas Anda melalui mulut

2. Tutup mulut Anda dan tarik napas dalam-dalam dengan perlahan melalui hidung sampai hitungan empat detik.

3. Kemudian tahan napas sampai hitungan tujuh detik.

4. Lalu, buang napas melalui mulut Anda sampai hitungan delapan detik.

(Baca Juga: SUPER HOT! Tren Nempelin Nanas di Payudara Ramaikan Medsos, Jangan Salah Fokus!)

(Baca Juga: Intip Tato Atlet Voli Kazakhstan Kristina Karapetyan yang Hampir Menutupi Seluruh Tubuhnya)

(Baca Juga: Gadis Jepang Ramai Ikutan Tren Ikat Payudara, Bikin Bentuknya Penuh & Kencang)

Lakukan teknik ini dengan satu tarikan nafas. Ulangi hingga 3 kali. Teknik 4-7-8 telah banyak dilakukan oleh guru yoga dan meditasi.

“Metode ini berfungsi sebagai penenang alami untuk sistem saraf. Tetapi jangan melakukan terlalu sering, cukup setidaknya 2 kali sehari. Sebenarnya metode ini tidak terlalu cepat efekifnya ketika Anda meminum obat penenang dan langsung kehilangan kekuatan. Tetapi teknik ini harus dilakukan dengan berulang kali untuk mendapatkan hasil yang efektif,” kata dr. Weil

Dr Weil mengatakan teknik ini bukan hanya hanya alat untuk mendapatkan tidur yang tenang. Anda juga bisa melakukan teknik 4-7-8 ini ketika merasa kesal, tegang, atau stres.

“Ketika sering berlatih teknik ini setiap hari. Anda akan bisa merasakan manfaatnya dalam diri Anda”, ucapnya

Sebuah penelitian terbaru oleh Universitas Uppsala di Swedia mengungkapkan, bahwa pola tidur yang terganggu mengubah metabolism dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyimpan lemak yang menyebabkan obesitas. Studi di Eropa tentang Kardiologi juga mengungkapkan bahwa tidur kurang dari lima jam semalam sama buruknya dengan merokok.

Teknik pernapasan 4-7-8 ini bahkan mengalahkan teknik yang dilakukan oleh para tentara militer yang baru-baru ini ditemukan untuk membantu tidur dalam dua menit.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini