Segarnya Seruput Aneka Teh Berwarna di Tengah Sejuknya Alam Kintamani

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 07 September 2018 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 07 298 1947631 segarnya-seruput-aneka-teh-berwarna-di-tengah-sejuknya-alam-kintamani-gfp1KsA8Uj.jpg Teh Kintamani (Foto: Utami/Okezone)

BERADA di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut, alam Kintamani di Gianyar, Bali terlihat hijau dan terasa sejuk. Di tengah cuaca yang bisa dibilang dingin ini, meminum teh hangat sambil menikmati pemandangan adalah kegiatan yang tepat untuk dilakukan.

Apalagi jika berkunjung ke salah satu wisata alam di Gianyar, Satria Agrowisata, Anda tak boleh melewatkan sajian aneka minuman teh dengan berbagai warna dan rasa. Okezone bersama rombongan Kementerian Pariwisata berkesempatan mencicipi aneka teh tersebut.

Beberapa teh yang bisa dinikmati pengunjung di sini adalah teh rosella berwarna merah muda, teh kulit manggis berwarna merah keunguan, teh jahe, teh ginseng, teh kunyit dan safron berwarna kuning, teh beras merah, dan teh serai.

 Baca juga: 6 Manfaat Minum Air Madu, dari Kesehatan Kulit hingga Jantung

Bahan Teh (Utami/Okezone)

Teh bisa disajikan dalam dua jenis cangkir. Pertama cangkir putih sedang, cocok untuk Anda yang ingin menikmati teh sambil bersantai. Sedangkan untuk cangkir kaca berukuran kecil, cocok untuk Anda yang berencana mencicipi beberapa rasa teh agar perut tidak terasa penuh.

Teh yang terbuat dari berbagai macam bahan baik dari bunga maupun rempah ini tidak hanya memiliki aroma yang menggoda, namun juga khasiat yang baik untuk kesehatan. Termasuk untuk menghangatkan tubuh di tengah suhu yang dingin.

Teh kulit manggis misalnya, memiliki rasa yang sedikit asam dan manis. Manfaatnya adalah sebagai anti-oksidan untuk tubuh. Sedangkan teh campuran safron dan kunyit bagus diminum untuk wanita yang sedang haid.

teh kintamani (Utami/Okezone)

 Baca juga: Sejak Viral di Medsos, Nasi Goreng Gerobakan Pasutri Paruh Baya Kini Diserbu Pembeli

“Safron berkhasiat sebagai pelancar haid,” jelas Dewa, salah satu peracik teh di Satria Agrowisata kepada Okezone di Bali, Kamis, 6 September 2018.

Bunga safron sendiri menurut Dewa, masih jarang ditemukan di Indonesia. Bunga ini tumbuh subur di Iran, namun memiliki harga yang mahal. Sedangkan di Indonesia, Satria Agrowisata adalah salah satu tempat budidaya bunga berwarna ungu ini.

Selain itu, ada pula teh yang berisi butiran beras merah. Teh ini memiliki kandungan yang bagus untuk tulang. Berbeda dengan teh ginseng yang dikenal sebagai minuman penambah stamina pada pria.

“Kopi ginseng manfaatnya untuk stamina, cocok buat yang bulan madu,” jelas Dewa.

 Baca juga: Asyiknya Santap Bibimbap di Festival Korea Food

Selain menyeruput teh beraneka warna, Anda juga bisa menyesap nikmatnya kopi khas Kintamani. Ada kopi Bali, ada juga kopi luwak yang dibudidayakan sendiri.

Anda bisa melanjutkan kunjungan dengan berkeliling perkebunan kopi dan rempah-rempah. Lalu menikmati ayunan yang memberikan sensasi berayun di ketinggian, di atas area perkebunan.

Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas untuk dibawa pulang. Mulai dari bubuk kopi, cokelat, massage oil, essential oil, hingga teh-teh penuh khasiat yang dijual dalam kemasan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini