Pencinta Kopi Merapat, Inilah Waktu yang Tepat Menyeruput Minuman Favorit Kalian

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 07 September 2018 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 07 298 1947648 pencinta-kopi-merapat-inilah-waktu-yang-tepat-menyeruput-minuman-favorit-kalian-044x2HtH1F.jpg Ilustrasi (Foto: Dailymail)

MENIKMATI secangkir kopi di pagi hari dipercaya dapat meningkatkan produktivitas. Pernyataan ini mungkin ada benarnya. Namun tidak banyak yang mengetahui, kapan waktu yang tepat untuk menikmati minuman bercita rasa pahit itu.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, dua mantan perancang teknologi Google berhasil menemukan waktu yang ideal untuk menikmati secangkir kopi, agar khasiatnya menjadi lebih optimal. Berdasarkan hasil penemuan mereka, waktu yang ideal untuk mengonsumsi kopi ternyata tidak secepat waktu yang sering dilakukan oleh banyak orang.

Pakar teknologi Jake Knapp dan John Zeratsky mengatakan bahwa pukul 09.30 pagi adalah waktu terbaik untuk menyeruput cangkir kopi pertama.

"Kafein adalah senya yang kuat dan memiliki efek langsung pada peningkatan energi. Anda harus meminumnya dengan tepat," tulis Jake dan John pada buku terbaru mereka yang berjudul "Make Time: How To Focus on What Matters Every Day."

Selain itu, Jake dan John mengatakan bahwa para peminum kopi tidak boleh menunggu sampai mereka benar-benar lelah untuk mendapatkan cangkir ke dua.

"Hal yang rumit tentang kafein adalah Anda tidak boleh menunggu sampai kondisi tubuh benar-benar lelah, karena itu sudah sangat terlambat," tulis mereka.

minum kopi

Keduanya menjelaskan, seseorang harus meminum cangkir kopi keduanya 30 menit sebelum rasa lelah menyerang. Misalnya sebelum jam makan siang, di mana energi di dalam tubuh benar-benar sudah terkuras.

Dalam temuan mereka, Jake dan John juga mengklaim teh hijau dan espresso harus dikonsumsi pada sore hari, karena minuman ini mengandung kafein yang lebih rendah. Mereka juga menyarankan agar semua orang bereksperimen untuk menemukan waktu yang tepat sebelum meminum cangkir kopi terakhir. Pasalnya, efek yang ditimbulkan oleh kafein dapat bertahan di dalam tubuh selama kurang lebih 6 jam.

Itu berarti, semakin telat Anda meminum kopi, semakin lama pula Anda akan terjaga. Demikian dilansir dari The Daily Meal, Jumat (7/9/2018).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini