nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Slurpp! Kopi Terasa Lebih Nikmat dengan Tambahan 4 Makanan Ini

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 07 September 2018 22:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 07 298 1947661 slurpp-kopi-terasa-lebih-nikmat-dengan-tambahan-4-makanan-ini-9GqRRkfMsY.jpg Cappucino lebih nikmat ditemani es krim (Foto: Foodandwine)

BEBERAPA orang memang suka menambahkan gula ke dalam cangkir kopi mereka. Tak sedikit juga yang memasangkan minuman bercita rasa pahit ini dengan roti atau biskuit. Namun ternyata, tidak banyak yang mengetahui, bahwa beberapa jenis makanan penutup dapat dinikmati bersama secangkir kopi hangat.

Tapi, seberapa seringkah Anda benar-benar berpikir tentang makanan apa yang paling cocok untuk dinikmati dengan minuman berkafein ini? Seorang pemilik coffee shop asal New York, Jonathan Rubinstein, memaparkan penjelasan yang sangat spesifik untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Daripada penasaran, berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir Okezone dari Food & Wine, Jumat (7/9/2018).

Espresso

Dengan rasa kopi yang kuat dan tekstur yang tebal, Anda harus memasangkan espresso dengan makanan yang sama 'kuat'-nya. "Menurut saya espresso tidak cocok untuk dipasangan dengan makanan berbahan dasar cokelat biasa atau susu. Tapi, minuman ini akan terasa lezat saat dipasangkan dengan makanan yang terbuat dari dark chocolate dan buah-buahan," ujar Rubinstein.

kue

Cappuccino

Sementara untuk olahan kopi bertekstur lembut ini, Rubinstein mengaku memiliki sejumlah rekomendasi makanan yang tepat sebagai pasangannya.

"Cappucino sangat lezat ketika dipasangkan dengan es krim, meskipun kadang-kadang Anda berpikir merasakan hal yang sama. Sama seperti sedang menggigit es krin rasa cappucino. Sulit dibedakan, tetapi ada perbedaan suhu dan rasa yang bisa dinikmati," imbuhnya.

teman ngopi

Latte

Latte sebetulnya mirip dengan cappucino namun dengan porsi kopi dan susu yang lebih besar. Oleh karena itu, kunci untuk memasangkan minuman ini hampir sama dengan cappucino yakni, kelembutan.

"Saya pikir kue tar bisa jadi pasangan yang tepat dan enak. Atau makanan pencuci mulit berbahan dasar cokelat lainnya. Kue kering juga bisa jadi makanan yang tepat, atau sesuatu yang bisa dicelupkan, serta memiliki tekstur lembut ketika berada di dalam mulut," jelas Rubinstein.

Teman Ngopi

Black Coffee

Tidak seperti espresso, olahan black coffee atau kopi hitam justru dapat dipasangkan dengan berbagai jenis camilan lezat. Mulai dari makanan berbahan dasar cokelat, atau makanan penutup yang terbuat dari kacang-kacangan. Namun, ada dua bahan makanan yang menurut Rubinstein tidak boleh disajikan dengan kopi hitam yakni, garam dan keju.

"Bahkan, cheesecake yang sangat creamy tidak cocok dengan minuman ini," tukasnya.

teman ngopi

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini