nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lari Sehat Sambil Menikmati Pemandangan Ranca Upas di Zinc Trail Run 2018

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 07 September 2018 11:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 07 481 1947322 lari-sehat-sambil-menikmati-pemandangan-ranca-upas-di-zinc-trail-run-2018-bZZiZ27egy.jpeg Temu media Zinc Trail Run (Foto: Dewi Kania/Okezone)

PERHELATAN kompetisi lari trail tampaknya masih jarang diadakan di Indonesia. Padahal rute di Indonesia cukup menantang sehingga sensasi yang dirasakan para pelari pun akan berbeda.

Hal ini ditangkap oleh Zinc Shampoo dan MNC Channel yang mengadakan Zinc Trail Run 2018. Dalam kompetisi ini, peserta ditantang lari sejauh 15K dengan rute sepanjang 455 kilometer.

Lari trail sendiri merupakan gabungan olahraga lari dan hiking. Peserta akan menaklukkan jalur lintasan yang sangat tidak biasa. Anda harus melalui mendaki, menuruni lereng terjal, sungai, tanah bergerigi, dan penuh bebatuan. Jelas ini menantang sekali untuk para peserta.

Brand Manager Zinc Shampoo Steven Sean mengatakan, dalam kompetisi lari ini, anak muda memang diajak untuk menantang dirinya sendiri.

"Kalau cuma lari di lintasan lurus itu sudah biasa. Maka kita pilih jalur bervariasi dan kita ajak anak muda untuk menantang dirinya," ujar Steven saat Press Conference Zinc Trail Run 2018 di Kaffein SCBD, Jakarta, Kamis 6 September 2018.

Kompetisi lari trail yang diadakan di Ranca Upas Bandung ini adalah yang ke-4. Sementara sebelumnya, event pernah dihelat di Dusun Bambu Bandung pada 2015, The Pines Camping Taman Dayu Pandaan pada 2016, dan Pantai Pandawa Bali pada 2017.

Steven menjamin bahwa perhelatan istimewa ini terkesan unik dan berbeda dari event lari yang pernah diadakan. Peserta tidak hanya berlomba lari sampai garis finish, tetap juga diajak untuk menikmati keindahan alam pegunungan di Ciwidey, Bandung.

"Acara ini benar-benar asyik dan seru. Bagi yang mau ikut, kami hanya buka 1.000 kuota demi keamanan dan kenyamanan peserta," terang dia.

Steven juga menambahkan, selama Zinc Trail Run dihelat, antusiasme peserta lari di gunung itu lumayan besar. Baik dari kalangan atlet nasional sampai pelari pemula ikut bergabung.

Pada kesempatan sama, Perwakilan MNC Media Sandy Anugerah menambahkan, saat berkompetisi pada 11 November 2018 nanti, peserta diharapkan bisa menikmati seluruh rangkaian kegiatan. Tak dapat dipungkiri, suguhan pemandangan dari Ranca Upas dijamin indah dan memanjakan mata.

"Kami harap lebih banyak pelari baru ikut gabung karena event ini menyenangkan. Dalam acara ini kalangan keluarga, terutama anak-anak pun bisa menikmati pemandangan dan kenal dekat dengan alam," beber Sandy.

Sandy menjelaskan, Ranca Upas sengaja dipilih untuk perhelatan lari trail ini karena lokasinya lumayan menantang. Peserta lari akan melewati jalur hutan, sungai, jalan tanah bergerigi, bebatuan, kelokan, dan menemukan pemandangan Situ Patenggang yang tiada dua cantiknya.

Soal keamanan dan kenyamanan jalur lari, sudah terjamin aman. Banyak tenaga support supaya peserta semangat lari. Tenaga medis dan ambulans pun siap menolong jika ada yang menyerah atau cedera.

"Untuk keamanan kita sudah siapkan, pemilihan tempatnya juga berpotensi aman. Derajat kemiringan medannya juga sudah diprediksi," terang Jefri, Perwakilan Asosiasi Lari Trail Indonesia.

Acara ini juga menggandeng para atlet trail run nasional Fandi Achmad, Artis Olivia Jensen, serta Melissa Karim. Mereka telah mendapat jersey, race pack, sekaligus nomor dada karena resmi jadi tiga peserta pertama.

Untuk mengikuti ajang ini, Anda bisa menaftarkan diri di www.zinc.co.id/trailrun dan siapkan biaya pendaftaran sebesar Rp200 ribu untuk kategori trail run dan Rp300 ribu untuk kategori trail camp. Pendaftaran dibuka mulai Jumat 7 September 2018 pukul 00.00 WIB. Juara pertama akan mendapat Rp15 juta, juara dua Rp10 juta dan juara tiga Rp5 juta. Hadiah berlaku untuk kategori pria dan wanita.

(hth)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini