Keindahan Tenun Lagosi dalam Nuansa Edgy Look yang Kekinian

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 08 September 2018 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 08 194 1947838 keindahan-tenun-lagosi-dalam-nuansa-edgy-look-yang-kekinian-iY1R6Ohnhg.jpeg Tenun (Foto: M. Sukardi/Okezone)

MENCIPTAKAN nuansa kekinian dalam balutan kain tradisional bukan hal yang mudah. Akar dari kain tradisional itu mesti diketahui dengan benar sehingga tercipta koleksi yang bernilai tinggi.

Penggambaran tampilan tradisional yang modern bisa dilihat dari koleksi Deden Siswanto yang paling teranyar. Adalah Lipa Lagosi by Deden Siswanto. Ketika Anda melihatnya sekilas, maka yang akan tergambar dalam pikiran adalah struktur busana yang out of the box sekali pun koleksi ini terinspirasi dari Baju Bodo dan Sarong khas Indonesia.

"Saya mengangkat kain lagosi sebagai material utama dalam koleksi terbaru ini. Kebetulan koleksi ini bekerja sama dengan pengrajin Sulawesi dan dari mereka juga saya mendapat inspirasi dalam mendisain Lipa Lagosi ini," papar Deden saat diwawancarai Okezone, di pagelaran fashion show 23 Fashion District 2018 di 23Paskal Shopping Centre, Bandung, Jawa Barat.

 BACA JUGA:

Viral Papa Ganteng Mengasuh Bayi Kembar, Lebih Gemas Ayah atau Bayinya?

Deden melanjutkan, dalam shownya kali ini, dia menampilkan 14 koleksi dengan warna cerah. Hal ini juga menjadi gebrakan baru untuk designer asal Bandung ini, di mana biasanya Deden selalu menampilkan koleksi monokrom.

 

Bicara mengenai inspirasi lain dari koleksi ini, Deden menjelaskan bahwa daerah asal pembuatan kain tenun ini pun menjadi ide koleksinya yang banyak mengambil gaya edgy ethic tersebut. Kemudian, untuk warnanya sendiri, Deden menampilkan warna-warna khas Indonesia yang begitu cantik.

Lebih lanjut, bicara mengenai detail koleksi, Deden menuturkan bahwa tehnik asymmetrical layering dan kesan bold-structural menjadi nilai kuat dari koleksi kali ini. Untuk materialnya sendiri, Lipa Lagosi ini menggunakan 80% tenun lagosi, 10% katun, dan 10% lainnya adalah manipulated fabric dan organza.

 BACA JUGA:

Deretan Artis Cantik yang Punya Perut Tak Kalah dari Jojo, Siapa Saja Mereka?

Deden menambahkan, menjadi suatu kehormatan tersendiri bagi dia ketika salah satu koleksinya dipakai untuk Opening Ceremony Asian Games 2018. "Kita patut bangga bahwa hasil karya anak bangsa bisa dilihat berjuta pasang mata di dunia dan ini menjadi kebanggaan bagi saya sendiri," ucapnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini