nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Bootcamp dan Callisthenic, Cara Berolahraga yang Tak Perlu Tambahan Alat

Firda Janati, Jurnalis · Sabtu 08 September 2018 12:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 08 196 1947832 mengenal-bootcamp-dan-callisthenic-cara-berolahraga-yang-tak-perlu-tambahan-alat-bIEL33PbTt.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

GUNA menjaga agar tubuh agar tetap sehat dan fit, kita memang harus berolahraga secara rutin. Tidak perlu harus menggunakan alat kebugaran yang mahal, hanya butuh kemauan dan niat berolahraga dengan serius.

Berbagai jenis olahraga pun dapat dilakukan, tapi perlu diingat masing-masing olahraga mempunyai tujuannya tersendiri. Oleh karena itu, munculah istilah bootcamp dan callisthenic.

Bootcamp dan Callisthenic, adalah olahraga fisik yang bisa dilakukan di luar ruangan tanpa menggunakan alat seperti di gym. lantas, apa perbedaan dari keduanya?

Baca Juga: Netizen Berhasil Ungkap Arti "Wkwkwk", Jawabannya Bikin Geleng-Geleng Kepala

Okezone telah melansir dari berbagai sumber, perbedaan serta kelebihan dan kekurangannya yang memudahkan Anda untuk memilih mana yang lebih baik.

Istilah Boot Camp sendiri sebenarnya berawal dari pelatihan militer yang harus dilalui oleh seorang prajurit. Boot Camp adalah program pelatihan fisik yang dilakukan dalam satu rentang waktu, dilatih dan diawasi oleh para instruktur dari pusat kebugaran atau personal trainer.

Program ini dirancang untuk membangun kekuatan dan kebugaran, serta membantu orang-orang untuk bisa melakukan rutinitas olahraga yang teratur. Jika memakai alat, alat bantu hanya berupa tali tambang, tidak terlalu berat.

Beberapa Boot Camp juga memberikan informasi tentang nutrisi makanan dan menantang peserta olahraga Boot Camp untuk mengatur makanannya selama menjalankan program. Tujuannya untuk memotivasi bagi peserta yang ingin menurunkan berat badan.

Baca Juga: Sejak Viral di Medsos, Nasi Goreng Gerobakan Pasutri Paruh Baya Kini Diserbu Pembeli

 

Adapun olahraga Boot Camp, yaitu berupa lari, loncat, naik turun tangga, push up, sit up, naik turun bukit, beberapa Boot Camp bahkan menyertakan yoga dan pilates. Selain dapat membuat tubuh bugar dengan latihan fisiknya.

Kelebihan boot camp yaitu menciptakan rasa persahabatan di antara para peserta boot camp. Karena latihan fisik olahraga boot camp cukup berat, bagi pemula diharapkan untuk selalu mengikuti arahan dari instruktur. Beberapa orang yang telah mencoba olahraga ini merasa pusing, muntah, dan pingsan. Maka dari itu, selalu ikuti instruksi yang diberikan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini