Mitos dan Fakta Seputar Pemakaian Make-Up saat Berolahraga

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 09 September 2018 11:29 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 09 194 1948125 mitos-dan-fakta-seputar-pemakaian-make-up-saat-berolahraga-8O2rM52sf4.jpg Make up saat olahraga (Foto: Best Health Magazine)

MAKE-UP memang punya hubungan begitu erat dengan kaum wanita, bahkan tak sedikit wanita yang tidak bisa melepaskan diri dari pemakaian make-up karena ingin penampilannya selalu mumpuni setiap waktu.

Termasuk saat sedang berolahraga, tak sedikit wanita yang tetap mengenakan pulasan make-up saat sedang berolahraga agar merasa penampilannya tetap komplit.

Seputar mengenakan make-up saat sedang berolahraga ini sendiri, selama ini memang banyak mitos dan fakta di dalamnya. Apa saja mitos dan fakta seputar pemakaian make-up saat berolahraga? Merangkum dari berbagai sumber, Minggu (9/9/2018) baca dulu yuk paparan mitos dan faktanya di bawah ini.

Mitos;

Olahraga pakai make-up dapat menyebabkan flek di wajah:

Sebenarnya, berolahraga tanpa memulas wajah mengenakan make-up tetap lebih baik sebab memungkinkan kulit untuk bernapas. Namun jika tak bisa tampil dengan wajah polos, cukup pulas make-up seminimal mungkin, misalnya dengan cukup menggunakan maskara tahan air, brow gel dan pelembab berwarna yang ringan. Kemudian kit utamanya agar tak muncul flek-flek, setelah latihan selesai, hapus riasan wajah secepat dan sebersih mungkin.

Cukup membersihkan make-up dengan tisu basah 

Tisu basah memang praktis dan nyaman, tapi penggunaannya tidak disarankan jika ditujukan untuk membersihkan wajah dengan make-up. Untuk membersihkan wajah yang sudah tertempel produk make-up saat olahraga, wajah tetap harus dibersihkan dengan air dan sabun pencuci wajah. Idealnya, astringen harus digunakan segera setelah berolahraga untuk membersihkan wajah. Selain itu, disebutkan juga jangan gunakan pelembap sebelum olahraga, karena minyak berlebih benar-benar dapat membuat kulit wajah jadi lebih berminyak sebba pori-pori wajah jadi tersumbat.

Makeu-up satu-satunya penyebab munculnya jerawat

Alas yoga, alat angkat berat, dan pegangan mesin elips, dan alat-alat untuk olahraga juga berfungsi sebagai tempat berkembang biak bagi bakteri penyebab jerawat. Maka setiap kali kita menyentuh wajah saat berolahraga, kita memindahkan kuman tidak peduli sedang memakai riasan atau tidak. Solusinya? Cuci tangan sesering mungkin, bersihkan peralatan olahraga sebelum dan sesudah setiap penggunaan, dan jangan sentuh wajah dengan tangan, kecuali saat sedang dicuci.

 

Fakta;

Penggunaan make-up menyumbat pori-pori

Mengapa demikian? Karena, ketika berolahraga maka tubuh akan berkeringat, baik itu olahraga di dalam atau luar ruangan. Jika berada di luar ruangan dan sangat lembab, maka kita akan lebih berkeringat, hal ini akan menghasilkan peningkatan jumlah pori-pori yang tersumbat, komedo putih, dan komedo di kulit. Kelebihan berkeringat saat berolahraga akan menyumbat pori-pori, menyebabkan jerawat, dan perubahan warna kulit.

Kulit kering akan cenderung tambah kering

Jika termasuk orang yang punya tipe kulit kering, disebutkan faktany pemakaian make-up saat berolahraga akan membuat kulit menjadi semakin kering. Saat memakai riasan, maka kita sama saja dengan menjebak keringat di dalam kulit, hal ini buruk untuk kulit kering karena pH asam dari keringat dapat menyebabkan iritasi dan sesak, memperburuk dermatitis dalam prosesnya.

Membuat pori-pori wajah jadi lebih besar

Faktanya tetap memulas wajah dengan make-up saat sedang olahraga, dikatakan akan membuat pori-pori wajah menjadi membesar. Anda akan membuat pori-pori wajah lebih besar jika ada penyumbatan menumpuk di pori-pori sehingga menyebabkan pori-pori kulit yang lebih besar dalam jangka waktu yang lama.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini