nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peneliti Mengungkap, Cewek yang Pintar Dandan Itu Jauh Lebih Cerdas

Sindonews, Jurnalis · Senin 10 September 2018 18:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 10 194 1948515 peneliti-mengungkap-cewek-yang-pintar-dandan-itu-jauh-lebih-cerdas-mAWqyaLowx.jpg Ilustrasi Dandan (Foto: Marieclaire)

HASIL peneliti dari Harvard University, Amerika Serikat menunjukkan menggunakan make up dapat membantu wanita menjadi lebih cerdas. Peneliti mempelajari bagaimana akademis dipengaruhi oleh efek lipstik, di mana penggunaan kosmetik dapat membuat seseorang merasakan kemampuan diri secara keseluruhan.

Dilansir Zeenews, make up dinilai dapat memberikan efek psikologis penggunanya karena merasa lebih menarik secara fisik serta membuat penggunanya memiliki sensualitas harga diri yang lebih tinggi. Dorongan harga diri ini mempengaruhi kemampuan kognitif penggunannya karena emosi yang positif.

 BACA JUGA:

11 Selebriti dan Kembarannya yang Unik, dari Orang Terkenal hingga Penjahat

Peneliti melakukan sebuah percobaan dengan melibatkan responden siswa perempuan yang dimasukkan ke dalam tiga kelompok. Mereka diminta melakukan serangkaian tes yang terdiri dari beberapa pertanyaan pilihan terkait bab dari buku teks psikologi umum.

Sebelum melakukan tes, responden diminta mengerjakan tugas yang berbeda. Tugas ini dapat mempengaruhi emosi mereka. Kelompok pertama ditugaskan menggunakan make up, kedua mendengarkan musik positif dan ketiga mewarnai gambar wajah manusia.

 BACA JUGA:

5 Potret Gaya Hijab Kartika Putri yang Simpel dan Cantik

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok mendengarkan musik mengalami peningkatan signifikan dalam kinerja kognitif mereka. Namun secara keseluruhan, kelompok make up menunjukkan hasil yang lebih baik. Penelitian ini dipublikasikan di jurnal Cogent Psychology.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini