nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Desain Arsitektur Masjid di Riyadh Ini bak Kristal Berkilau di Tengah Gedung Pencakar Langit

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 10 September 2018 21:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 10 196 1948766 desain-arsitektur-masjid-di-riyadh-ini-bak-kristal-berkilau-di-tengah-gedung-pencakar-langit-QN9EMHfZKI.JPG Masjid di Riyadh (foto: Mvslim)

WUJUD dari sebuah karya seni bisa hadir dalam berbagai bentuk. Tidak hanya berupa lukisan, kerajinan tangan, tarian, pahatan dan masih banyak lagi yang lainnya. Akan tetapi juga bisa diwujudkan dalam bentuk desain sebuah bangunan.

Sebuah bangunan biasanya memang bisa jadi salah satu media andalan untuk mengimplementasikan seni. Tengok saja sebuah mesjid megah di Riyadh, Arab Saudi satu ini.

Yakni mesjid King Abdullah Financial District (KAFD) Grand Mosque di Riyadh, Arab Saudi yang memiliki desain arsitektur memanjakan mata. Sebab, masjid megah ini dibangun dengan mengombinasikan elemen modern dan masjid tradisional di lingkungan padang pasir Arab Saudi.

BACA JUGA:

Makna dan Keutamaan dari Bulan Muharram dalam Kalender Hijriah 

Dijelaskan lebih lanjut, mesjid ini dirancang oleh Omrania, dengan letak berada di tengah-tengah kawasan penuh dengan gedung-gedung tinggi pencakar langit di area King Abdullah Financial District. Sehingga menjadi pusat spiritual dari para pengunjung dan penduduk sekitar.

Menariknya, desain geometri unik masjid ini disebutkan terilhami oleh lempengan perpotongan kristal dari mawar gurun. Tampaknya seolah-olah mesjid muncul dari dasar bumi sebagai kristal, kemudian disempurnakan dengan adanya dua menara yang melengkapi bagian bangunan utama.

Masjid dua lantai ini sendiri memiliki luas sekitar sepuluh ribu meter persegi, maka tak heran bisa mengakomodasi dengan baik para jamaah karena tersedia sekitar 1466 ruang solat di dua tingkat lantai. Jika di hari-hari perayaan agama, bagian luar area masjid bisa difungsikan sebagai area solat luar ruangan.

 

Hadir dengan konsep arsitekstur bangunan yang mengagumkan sekaligus kreatif dengan memadukan elemen yang belum pernah terlihat sebelumnya, maka tak berlebihan jika masjid ini patut dikagumi.

Nah, jika suatu saat Anda berkesempatan mengunjungi Riyadh, Arab Saudi jangan sampai melewatkan untuk berkunjung ke mesjid Grand KAFD ini ya, karena rasanya begitu sayang untuk dilewatkan begitu saja. Demikian seperti dilansir Msvlim, Senin (10/9/2018).

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini