nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terkait Hari Jadi Kota Bogor, Wisata Edukasi Istura Makin Diminati

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Senin 10 September 2018 20:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 10 406 1948770 terkait-hari-jadi-kota-bogor-wisata-edukasi-istura-makin-diminati-NTqaeSBBgR.jpg Istana Bogor (Foto: Utami Evi Riyani/Okezone)

KOTA Bogor memasuki usia ke-536 tahun pada 3 Juni lalu. Namun acara peringatannya dilakukan hingga beberapa bulan ke belakang.

Salah satu acara wajib yang selalu diadakan untuk memperingati hari jadi ini adalah kegiatan Istana untuk Rakyat (Istura). Tahun ini, Istura digelar dari hari ini, Senin, 10-14 September 2018. Ini adalah wisata edukasi gratis yang memungkinkan rakyat memasuki Istana Bogor.

Seorang guru TK Hikmah di Bubulak, Siti Khodijah mengaku sudah kali ketiga dirinya datang ke acara ini.

"Ini kali ketiga saya ikut Istana Open, tahun ini karena mau ngajak teman yang dari Lombok untuk melihat Istana Bogor," kata Siti dikutip dari Antaranews, Senin (10/9/2018).

Ibu dua anak ini tidak datang sendiri, ia mengajak serta tiga guru lain yang juga datang bersama anak-anaknya. Siti mengatakan, kunjungan ke Istana Bogor sebagai hiburan wisata edukasi gratis yang harus terus dilaksanakan.

 (Baca Juga:Miris! Asian Games 2018 Usai, Atlet Peraih Medali Kembali Jualan Es Teh)

Tahun ini selain bisa melihat Istana Bogor dari dekat, masyarakat juga bisa mengunjungi lima museum secara gratis.

 

(Foto: Utami Riyani/Okezone)

"Hiburan dapat, edukasi juga dapat, jadi seru wisata model gini," kata Siti yang juga Kepala Sekolah TK Hikmah.

Selain Siti, ada pula Anita Rohana, wisatawan asal Lombok. Ia sudah dua tahun tinggal di Bogor sebagai guru TK Hikmah. Kini, ia ingin mengikuti kegiatan Istura. Ia mengatakan, pengalaman mengunjungi Istana Bogor akan menjadi pengalaman berharga menambah materinya dalam mengajar di TK Hikmah.

"Tentu pengalaman melihat Istana Bogor ini mengetahui sejarahnya, akan menjadi bahan ajar saya kepada anak-anak, menumbuhkan rasa ingin tahu dan bangga akan keberadaan Istana Presiden di Bogor," kata Anita.

Dinas Kebudayaan Kota Bogor, kembali menyelenggarakan Istura, yang akan berlangsung selama empat hari yakni dari tanggal 10 sampai 14 September 2018. Kepala Disbudpar Kota Bogor, Shahlan Rasyidi menyebutkan, animo masyarakat mengikuti kegiatan tahunan ini meningkat tahun ini.

 (Baca Juga:Makna dan Keutamaan dari Bulan Muharram dalam Kalender Hijriah)

"Catatan kami sampai hari ini sudah ada 53.529 orang yang mendaftar Istura," katanya.

Ia melanjutkan, angka tersebut melonjak tajam dibanding tahun sebelumnya hanya 24.375 orang. Pengunjung Istura didominasi masyarakat lokal atau domestik. Tetapi ada juga wisawatan asing yang juga ikut meramaikan. Seperti hari ini terdapat wisatawan asal Jerman dan Belanda yang ikut kegiatan.

"Kami menerima laporan hari ini ada beberapa wisatawan asing yang juga mendaftar dari Belanda dan Jerman. Bahkan ada artis juga katanya," kata Kabid Pariwisata, Susilawati.

Kegiatan Istura selain dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) yang digelar setiap tahunnya. Juga menjadi agenda wisata di Kota Bogor dalam rangka mendorong tingkat kunjungan wisatawan. Tahun ini, Disbudpar Kota Bogor menargetkan kunjungan wisatawan sebanyak 6,7 juta pengunjung atau meningkat dibanding tahun 2017 yakni lima juta kunjungan.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini