nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Olahraga Tepat untuk Pasien Disfungsi Ereksi

Koran SINDO, Jurnalis · Senin 10 September 2018 16:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 10 481 1948533 olahraga-tepat-untuk-pasien-disfungsi-ereksi-2QOMSujnJZ.jpg Olahraga Lari (Foto: Medicalherald)

DISFUNGSI ereksi (DE) merupakan keluhan yang sering dialami kaum adam. Penyebabnya bisa berbagai hal. Umumnya keluhan DE disebabkan sejumlah faktor, termasuk gejala penyakit kardiovaskular, hipertensi, diabetes, depresi, dan kemih bawah.

DE adalah ketidakmampuan untuk ereksi dan mempertahankannya dalam sebuah hubungan seksual. Meski demikian, disfungsi ereksi bisa diobati dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, seperti rajin berolahraga. Dr Nugroho Setiawan SpAnd, Dokter Spesialis Andrologi RSUP Fatmawati, mengatakan, olahraga yang tepat untuk pasien disfungsi ereksi adalah olahraga kardio.

 BACA JUGA:

Entah Ingin Bersyukur atau Ketawa, Pistol Perampok Ini Terjatuh hingga Celana Kedodoran!

Olahraga ini mampu meningkatkan denyut jantung sehingga jantung bisa semakin kuat. Ya , ini adalah salah satu langkah untuk mengobati keluhan DE, yaitu lewat perubahan gaya hidup yang lebih sehat.

“Gaya hidup harus bagus. Orang wajib olahraga. Olahraga apa yang bagus untuk DE? Olahraga bagus itu kardio yang jantungnya deg-degan. Olahraga kardio sangat disarankan karena membuat jantung berdebar lebih cepat dan ini baik untuk peredaran darah yang lancar ke seluruh tubuh,” papar dr Nugroho. Na , dari beragam jenis olahraga kardio, dr Nugroho menyarankan untuk berlari.

 

“Olahraga kardio pun ada aturannya. Minimal lari 30 menit per hari. Kalau seminggu lima hari, nadinya 120 per menit. Ini menandakan jantung bekerja dengan baik,” ujar dia. DE merupakan gangguan seksual yang paling banyak dikeluhkan setelah ejakulasi dini oleh pria berusia 40an-80 tahun di seluruh dunia. Dr Nugroho mengatakan, gangguan ini bisa dikenali melalui erection hardness scale (EHS) dengan skor mulai 1-4. Seorang pria dinyatakan memiliki fungsi ereksi yang normal jika memiliki EHS 4.

 BACA JUGA:

2 Orang Ini Minum Air Kencing Sendiri untuk Turunkan Berat Badan dan Obati Jerawat, Kebenaran atau Kebodohan?

EHS 4 ditandai dengan penis yang sangat keras. Sebaliknya, laki-laki dikatakan mengalami DE jika memiliki EHS 1-3 atau bahkan tidak bisa ereksi sama sekali.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini