nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Cara Meredakan Nyeri Payudara saat PMS

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 10 September 2018 20:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 10 481 1948557 5-cara-meredakan-nyeri-payudara-saat-pms-AdW8X5waXg.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

MENJELANG menstruasi, banyak hal yang bisa terjadi pada perempuan karena pengaruh hormon. Kondisi ini dikenal dengan istilah premenstrual syndrome (PMS). Hal-hal yang biasanya terjadi meliputi naik turun suasana hati, nafsu makan yang lebih tinggi, dan payudara sensitif bahkan membengkak.

Terkadang kondisi itu menimbulkan rasa nyeri yang membuat tidak nyaman. Maka tak heran bila beberapa perempuan berusaha mencari jalan keluar. Bila Anda mengalami hal serupa, berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti yang dikutip Okezone dari Health, Senin (10/9/2018) :

Konsumsi vitamin

Untuk meredakan rasa nyeri akibat payudara membengkak, perempuan bisa mengonsumsi 400 unit internasional (IU) vitamin E dan 400 miligram magnesium setiap hari. Vitamin E dapat mengurangi nyeri payudara karena secara efektif membantu mengurangi peradangan. Sedangkan magnesium membantu menjaga kadar hormon sehat yang dapat menurunkan sensitivitas payudara dan tingkat serotonin.

 (Baca Juga:7 Fakta di Balik Terbitnya Fatwa MUI untuk Vaksin MR)

Berolahraga

Beberapa perempuan mungkin enggan berolahraga saat payudaranya terasa nyeri karena takut bertambah parah. Padahal latihan dapat membantu meredakan nyeri karena berkaitan dengan peningkatan otot yang sehat dan mengurangi sel-sel lemak penyebab peradangan. Jadi, usahakan tetap aktif meskipun merasa nyeri di payudara. Pilihlah latihan seperti berenang, jogging, atau berjalan sekitar 30 menit sehari.

 

Mengenakan bra olahraga

Saat payudara terasa nyeri ada kemungkinan bertambah parah bila mengenakan bra yang biasa. Sebagai solusi, Anda bisa mengenakan bra khusus olahraga. Meskipun jenis bra ini cukup janggal untuk dikenakan beraktivitas namun bisa menjaga payudara dekat dengan tubuh. Dengan begitu dapat mengurangi rasa sakit terkait gerakan tak terbatas.

 (Baca Juga:Membiasakan Anak Konsumsi Makanan Sehat Dimulai dari Rumah)

Hindari konsumsi garam dan kafein

Selama periode PMS, sebisa mungkin hindari konsumsi garam dan kafein. Garam dapat meningkatkan retensi cairan yang membuat payudara terasa basah kuyup. Sementara kafein dapat memperparah rasa nyeri. Sebaliknya, konsumsilah makan diet dengan konsentrasi tinggi protein, serat, serta mineral (ahem dan magnesium) untuk mengurangi gejala.

Konsumsi obat alami

Obat anti inflamasi nonsteroid yang dijual bebas seperti Ibuprofen dapat membantu mengurangi nyeri payudara. Obat herbal seperti akar dandelion juga tercatat bisa mengatasi nyeri payudara karena merupakan diuretik alami yang mengandung kalium untuk membantu membersihkan cairan tubuh ekstra.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini