nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingat Yah Moms, Sarapan Bukan Sekadar Mengenyangkan tapi Menyehatkan

Koran SINDO, Jurnalis · Senin 10 September 2018 15:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 10 481 1948574 ingat-yah-moms-sarapan-bukan-sekadar-mengenyangkan-tapi-menyehatkan-hJN9ZyDnci.jpg Sarapan Pagi (Foto: Zeenews)

MEMBIASAKAN mengonsumsi makanan sehat dalam keluarga salah satunya dapat dimulai dari menghidupkan kembali kebiasaan makan bersama di rumah.

Jauhkan gadget , matikan televisi, dan berinteraksilah selama di meja makan. “Ketika makan bersama, Anda akan makan lebih pelan karena sembari bercakap-cakap. Ini membuat Anda memiliki waktu untuk merasa kenyang dan tidak makan berlebih,“ ujar Natalie Muth MD, juru bicara American Academy of Pediatrics (Ikatan Dokter Anak Amerika), dikutip Webmd.

Dia melanjutkan, anak-anak perlu ditegaskan bahwa makanan sehat bukanlah makanan diet. “Saya memberitahukan kepada orang tua bahwa makanan sehat adalah cara untuk mengisi tenaga dan merasa lebih baik. Langkah itu lebih efektif daripada mengatakan kepada anak bahwa makanan sehat untuk me - ngurangi berat badan,” kata Muth.

Dia juga menekankan bahwa semua anggota keluarga punya akses yang sama terhadap makanan sehat. Lalu, bagaimana kalau anak yang satu kurus, sedangkan saudara lainnya gemuk? “Jangan berikan makanan kepada anak yang kurus kalau anak yang gemuk tidak bisa ikut memakannya, karena ini adalah makanan sehat,” paparnya. “Semua anggota keluarga sama, tidak ada yang dibedakan,” imbuhnya. Jangan langsung memberikan perubahan besar dalam keluarga. Sebaliknya, mulailah dengan hal sederhana yang bisa Anda lakukan.

Misalnya, memangkas minuman manis atau mengurangi garam pada makanan atau makanan bergaram (asin). Mulailah dengan membuat makan malam sehat seminggu sekali, contohnya. Perubahan kecil ini lama-lama akan membuat keluarga terbiasa. Anda kemudian bisa melakukan perubahan lainnya.

(ren)

Berita Terkait

Agregasi Koran Sindo

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini