nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Punya Pasangan yang Masih Pakai Tinder, Hati-Hati Psikopat

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 11 September 2018 16:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 11 196 1949031 punya-pasangan-yang-masih-pakai-tinder-hati-hati-psikopat-ZxYUJhE3kO.jpg Ilustrasi (Foto: RD)

APAKAH pasangan Anda masih memiliki aplikasi pencari jodoh atau teman kencan seperti Tinder? Jika iya, ada kemungkinan pasangan Anda adalah psikopat.

Menurut sebuah studi, hampir satu dari empat orang di Tinder telah memiliki pasangan dan mereka yang melakuan hal tersebut lebih mungkin menjadi psikopat dibanding pengguna yang lajang.

Dilansir Okezone dari NY Post, peneliti dari Erasmus University Rotterdam di Belanda mensurvei 1,486 pengguna Tinder dan menemukan bahwa 22 persen dari mereka sudah memiliki pasangan romantis dan lebih dari separuh pengguna tersebut telah menggunakan aplikasi untuk bertemu seseorang.

  (Baca Juga:Nekad Bawa Rice Cooker ke Restoran Cepat Saji, Netizen: Semua Dilakukan Demi Konten Semata!)

Penulis studi Elisabeth Timmermans, seorang mahasiswa PhD di Universitas Erasmus, mengatakan bahwa para pengguna yang telah berpasangan melaporkan skor yang lebih rendah pada kesetujuan dan ketelitian dan skor yang lebih tinggi pada neurotisisme dan psikopati dibandingkan dengan orang-orang dalam hubungan berkomitmen yang tidak menggunakan aplikasi kencan.

Sementara itu, dia juga menemukan bahwa orang-orang yang sudah dalam hubungan memiliki hubungan yang lebih kasual dengan orang lain di Tinder dibandingkan dengan pengguna yang lajang. Hal ini tentunya menjadi aneh, karena itu berarti mereka yang sudah memiliki pasangan rela membagi rasa "penasaran" dan "ketertarikan" pada orang lain.

 (Baca Juga:Habis Putus Mau Cepat Move On? Olahraga hingga Bermain dengan Peliharaan Jadi Solusinya!)

Tetapi penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk melihat apakah aplikasi kencan sebenarnya ancaman terhadap monogami. Untuk saat ini, Timmerman menyimpulkan bahwa temuannya menunjukkan bahwa beberapa orang (yaitu, dengan ciri kepribadian tertentu) mungkin lebih rentan menggunakan aplikasi kencan untuk tujuan perselingkuhan daripada yang lain.

Jadi, karena berniat untuk melakukan perselingkuhan, dimaknai sebagai tindakan mudah dan tidak mementingkan perasaan orang lain. Sifat ini yang dimiliki seorang psikopat. Anda kah salah satunya?

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini