Ingin Ciptakan Masakan Lezat, Lakukan Trik Ini pada Wajan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 11 September 2018 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 11 298 1949003 ingin-ciptakan-masakan-lezat-lakukan-trik-ini-pada-wajan-J5Eacodg4o.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

MENGONSUMSI makanan merupakan sebuah keharusan bagi setiap makhluk hidup. Dengan mengonsumsi makanan, maka tubuh Anda akan menjadi sehat dan kuat. Selain itu Anda juga akan semakin fokus dalam melakukan segala macam aktivitas.

Kadang kala untuk mendapatkan makanan yang diinginkan, Anda harus membeli atau memasaknya sendiri. Nah, jika Anda memilih untuk memasak makanan sendiri, maka keterampilan memasak sangatlah diperlukan.

Memasak itu gampang-gampang sulit. Tidak semuanya yang terlihat mudah, bisa dikerjakan dengan baik. Anda juga harus mengetahui etika dasar dalam memasak. Salah satunya adalah tentang kebersihan wajan yang digunakan.

Terkadang ketika memasak beberapa menu makanan, Anda kerap malas mencuci wajan dan langsung melanjutkan memasak makanan lain dengan wajan yang belum dicuci. Ini merupakan sebuah kesalahan. Mengapa?

 (Baca Juga:Intip Pesona Masinis Jevi Santosa yang Sanggup Buat Penumpang Meleleh)

Melansir dari Times of India, Selasa (11/9/2018), melanjutkan memasak tanpa mencuci terlebih dahulu wajan yang akan digunakan dapat memengaruhi warna makanan.

Makanan akan terlihat berwarna agak hitam yang tidak terlihat begitu menarik saat dipandang. Meski banyak orang yang mengeluh tentang warna tersebut, namun hal tersebut akan menghasilkan sebuah karya yang kurang sedap dipandang.

 

Beberapa orang ada yang sengaja tidak membersihkan wajan masaknya, agar tetap bisa menghasilkan masakan dengan cita rasa yang tinggi. Ada juga orang yang sangat menghindari mencuci peralatan dapurnya dengan menggunakan sabun. Mereka lebih memilih untuk mengelapnya menggunakan tisu dan membilasnya dengan air.

Dalam segi memasak, ada pula trik yang wajib dipelajari agar dapat menghasilkan hidangan yang lezat dan nikmat. Salah satunya adalah memanaskan wajan dengan baik sebelum menambahkan sesuatu ke dalamnya.

 (Baca Juga:Aksi Tengil Bocah Mengendarai 'Motor', Asli Bikin Bikin Ngakak dan Ngeselin!)

Ketika dipanaskan, pori-pori logam akan terbuka dan ketika minyak ditambahkan, maka ia akan meresap ke dalam pori-pori yang terperangkap. Karena wajan tidak pernah dicuci, maka pengawetan minyak secara terus-menerus membuat wajan tidak lengket dan memberi rasa enak pada makanan yang dibuatnya.

Beberapa orang juga mengatakan untuk membumbui wajan logam baru layaknya wajan bekas. Yang perlu Anda lakukan adalah memanaskan wajan baru di atas nyala api yang tinggi dan menambahkan garam batu, merica, jahe cincang, daun bawang, dan bawang putih yang dihancurkan bersama dengan minyak goreng dan biarkan campuran itu mengendap di atas wajan.

Kemudian keluarkan wajan dari api, biarkan dingin dan bersihkan dengan tisu. Karbon yang menempel akan memberi wajan warna hitam. Terus ulangi proses ini sampai wajannya benar-benar berwarna hitam.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini