nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Memilih Produk Perawatan Wajah untuk Pria biar Tak Cepat Terlihat Menua

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 12 September 2018 18:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 12 194 1949565 tips-memilih-produk-perawatan-wajah-untuk-pria-biar-tak-cepat-terlihat-menua-giQayzCCjB.jpg Ilustrasi (Foto: Baldingbeard)

PERAWATAN wajah sebenarnya bisa dilakukan oleh semua orang. Namun seringkali wanita yang lebih peduli dibanding pria. Sebenarnya hal itu penting untuk semua jenis kelamin.

Secara umum, kulit wajah pria berubah setelah akil balig karena pengaruh hormonal sehingga lebih banyak menghasilkan kelenjar minyak. Menurut dermatologist dr Eddy Karta, Sp. KK, aktivitas pria yang lebih sering terpapar sinar matahari dan polusi udara juga memberi pengaruh terhadap produksi minyak. Tapi positifnya, kelenjar minyak yang lebih tebal membuat penuaan pada pria melambat yaitu dimulai pada usia 40an.

"Tapi hal itu yang membuat pria belum merasa perawatan wajah sebagai investasi jangka panjang. Mereka baru melakukannya setelah tanda penuaan muncul. Padahal kulit pria menurun (proses penuaan) pelan-pelan tapi begitu muncul langsung cepat, kesannya saja awal-awal bagus," ungkap dr Eddy saat ditemui Okezone dalam peluncuran produk NovAge Men oleh Oriflame, Rabu (12/9/2018), di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

pria cuci muka

Dirinya menekankan bila pria bukan hanya sekadar membutuhkan produk cuci wajah. Mereka juga perlu secara rutin menggunakan pelembap terutama di malam hari. Sebab kulit wajah pria yang memiliki lebih banyak kelenjar minyak akan lebih berminyak bila tidak menggunakan pelembap. Akan tetapi ketika mencuci wajah juga harus benar.

"Susahnya kalau pada pria penggunaan pelembap menjadi tidak optimal karena membersihkan wajah asal-asalan. Sedangkan aktivitas banyak sekali kena cahaya matahari dan polusi. Bila pelembap digunakan di malam hari malah tidak berguna maksimal karena ketumpuk kotoran, nanti jadinya malah komedo," jelas dr Eddy.

Produk lain yang harus digunakan pria adalah tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sedangkan untuk waktu yang tepat penggunaan produk wajah, dr Eddy berpendapat bila di usia 20an pria harus sudah diperkenalkan dengan tabir surya. Selain itu, bahan alami untuk merawat kulit pria adalah antioksidan.

"Sebenarnya yang paling penting adalah antioksidan karena oksidatif stres pria lebih tinggi karena kelenjar minyak yang tebal itu tadi. Antioksidan penting mencegah peradangan," pungkas dr Eddy.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini