nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Dimarahi, Ini 5 Tanda Anak Anda Jenius

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Rabu 12 September 2018 16:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 12 196 1949505 jangan-dimarahi-ini-5-tanda-anak-anda-jenius-bTs2RvvihG.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SEMUA orangtua ingin percaya bahwa anak-anak mereka istimewa dan unik. Ya, pada kenyataannya setiap anak memang memiliki kemampuan dan juga keunikannya masing-masing. Namun, bagaimana Anda bisa tahu bahwa sang anak memiliki kepintaran yang luar biasa?

Menilai apakah anak Anda termasuk kriteria orang yang jenius lebih rumit daripada sekadar melihatnya dari nilai-nilai yang ia dapatkan di sekolah. Bahkan, banyak para pendidik yang mencari tanda-tanda untuk mengukur kecerdasan yang tidak dapat diukur hanya dengan menggunakan tes ataupun ujian.

Banyak orangtua beranggapan bila nilai sang anak di sekolah jelek, maka anak tersebut bodoh dan tidak cerdas. Padahal hal itu tidak sepenuhnya benar. Dilansir dari Readersdigest, Rabu (12/9/2018), berikut adalah tanda-tanda bahwa anak Anda memiliki kecerdasan yang luar biasa.

1. Keingintahuan tentang dunia

Anak-anak yang cerdas cenderung tertarik dengan dunia di sekitar mereka. Namun, anak-anak yang jenius memiliki rasa ingin tahu yang tak pernah ada habisnya untuk mengetahui tentang hal-hal kecil misalnya seperti cara kerja sesuatu.

Dari bertanya mengenai setiap mamalia memiliki kebiasaan makan dan bersikeras untuk mengetahui tempat pemanggang roti dapat bekerja, anak-anak yang berbakat dapat menguji kesabaran para orang tua karena pertanyaan mereka yang tak pernah ada habisnya. Maka dari itu, jangan kesal, hal ini adalah tanda bahwa anak Anda memiliki kecerdasan yang luar biasa.

 (Baca Juga:10 Pertanyaan dan Jawaban di Q&A Raden Rauf yang Paling Menohok Tapi Bikin Ngakak)

2. Memiliki minat dan pengetahuan yang terperinci

Anak-anak yang berbakat seringkali memiliki pengetahuan yang mendalam di satu bidang tertentu. Hal ini mungkin berarti mereka dapat memberi tahu Anda nama ilmiah setiap dinosaurus, atau menjelaskan bagaimana cara kerja internal mesin mobil. Apa pun topik yang dipelajari seorang anak cerdas, biasanya mencakup segala hal. Maka jangan bosan dan dengarkanlah setiap celotehan anak Anda tentang apa yang mereka ketahui.

3. Memiliki jiwa pemimpin

Karena kematangan mereka dan kemampuan organisasional alaminya, banyak anak jenius akan menjadi pemimpin sebuah industri. Pendiri dan CEO TutorbrightVerma mengatakan, Sunny Verma mengatakan anak-anak cerdas biasanya dapat mengambil alih untuk menemukan solusi yang paling efektif.

"Mereka juga mengatur sendiri kinerja kerjanya, dan mereka selalu mencari cara untuk meningkatkannya," katanya.

Kemampuan ini biasanya dapat membuat mereka menjadi pemimpin rekan-rekannya karena mereka memiliki kepercayaan diri yang lebih untuk mengarahkan.

 (Baca Juga:Ssst.. Ini 5 Ciri Fisik yang Bisa Memikat Hati dalam Sekali Lirik)


4. Gemar membaca

Kecenderungan anak-anak jenius gemar membaca sangatlah tinggi. Mereka sering kali belajar membaca cepat dan lebih awal dari anak-anak lainnya pada usia yang sama dan menikmati bacaan mereka. Jika anak Anda adalah salah seorang yang gemar membaca, maka berbahagialah. Hal itu adalah tanda bahwa anak Anda merupakan anak yang cerdas.

5. Fokus dan memiliki tekad

Anak-anak yang berbakat memiliki ketekunan untuk mengerjakan semua tugas-tugasnya atau kebiasaan sampai mereka dapat menguasai hal tersebut. Sunny Verma, mengatakan, "Anak-anak yang berbakat biasanya memiliki rasa fokus yang luar biasa. Ketika diberi tugas, mereka cenderung mengerjakannya tanpa gangguan hingga selesai. TV, video game, dan media sosial tidak akan mengalihkan pikiran mereka."

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini